Saturday, June 22, 2024

Mahasiswa Aceh Akan Kawal Janji Kampanye Presiden dan Wapres Terpilih

NUKILAN.id | Banda Aceh – Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka telah resmi ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu, 24 April 2024 lalu.

Kemenangan mereka dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 telah menimbulkan gelombang harapan baru, terutama di kalangan mahasiswa Aceh. Dengan penuh semangat, mahasiswa Aceh menyuarakan aspirasi mereka dan menyoroti janji-janji kampanye yang diusung oleh Prabowo-Gibran.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Nukilan.id pada Senin (29/4/2024), beberapa mahasiswa Aceh menyampaikan harapan dan impian mereka terhadap masa pemerintahan Prabowo-Gibran. Mereka juga menyatakan niat mereka untuk mengawal serta menagih janji-janji kampanye tersebut sejak detik pertama Prabowo-Gibran dilantik pada bulan Oktober mendatang.

Salah seorang mahasiswa, Aulia, mengungkapkan bahwa dirinya sangat berharap janji-janji kampanye Prabowo-Gibran dapat terwujud dengan nyata.

“Terkait dengan pemberian makan siang dan susu gratis di sekolah, di pesantren, serta bantuan gizi untuk anak balita dan ibu hamil. Saya rasa ini sangat penting untuk meningkatkan kesehatan generasi muda Aceh,” kata Aulia kepada Nukilan.id pada Senin (29/4/2024).

Selain itu, mahasiswa juga menyoroti janji Prabowo-Gibran terkait dengan pemeriksaan kesehatan gratis dan penanganan kasus TBC yang masih meresahkan.

“Kami berharap Pak Prabowo nantinya dapat segera menuntaskan kasus TBC dan membangun rumah sakit berkualitas di setiap kabupaten di Aceh,” ungkap Dian, mahasiswa asal Aceh Utara.

Selain itu, janji-janji kampanye terkait dengan sektor pertanian dan pendidikan juga menjadi perhatian serius bagi mahasiswa Aceh. Menurut mereka peningkatan lahan pertanian dan pembangunan sekolah pada daerah terisolir dapat membawa perubahan yang positif bagi masa depan Aceh.

“Kami mendukung upaya untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian dan membangun sekolah-sekolah pada daerah terpencil di Aceh. Ini akan membawa perubahan positif bagi masa depan Aceh,” tutur Rizki, mahasiswa asal Aceh Singkil.

Terakhir, mahasiswa juga menyoroti program kesejahteraan sosial yang dijanjikan oleh Prabowo-Gibran. Hal tersebut dikemukakan oleh Martubun, seorang mahasiswa asal Aceh Selatan. Ia berpendapat jika program kesejahteraan sosial dibenahi tentunya akan dapat menghilangkan kemiskinan di Aceh.

“Kita berharap program kartu kesejahteraan sosial itu dibenahi, sehingga tepat sasaran. Bukan itu saja, kartu kemudahan usaha juga sangat diperlukan, sehingga benar-benar menghilangkan kemiskinan absolut di Aceh,” kata Martubun.

Diketahui, Program Prabowo-Gibran tertuang dalam dokumen bertajuk “Visi dan 8 Misi Asta Cita. Visi: Bersama Indonesia Maju, Menuju Indonesia Emas 2045”.

Dalam dokumen tersebut, Prabowo-Gibran memiliki 8 Program Hasil terbaik Cepat untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan 17 program prioritas, berikut adalah isi lengkapnya.

  1. Memberikan makan siang dan susu gratis di sekolah dan pesantren, serta bantuan gizi untuk anak balita dan ibu hamil.
  2. Menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis, menuntaskan kasus TBS dan membangun rumah sakit lengkap berkualitas di kabupaten.
  3. Mencetak dan meningkatkan produktivitas lahan pertanian dengan lumbung pangan desa, daerah, dan nasional.
  4. Membangun sekolah-sekolah unggul terintegrasi di setiap kabupaten, dan memperbaiki sekolah yang perlu di renovasi.
  5. Melanjutkan dan menambahkan program kartu-kartu kesejahteraan sosial, serta kartu usaha untuk menghilangkan kemiskinan absolut.
  6. Menaikkan ASN (terutama guru, dosen, tenaga kesehatan dan penyuluh) TNI/Polri, dan pejabat negara.
  7. Melanjutkan pembangunan infrastruktur desa dan kelurahan, bantuan langsung tunai (BLT), dan menjamin penyedian rumah murah bersanitasi baik untuk yang membutuhkan, terutama generasi milenial, generasi Z dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)
  8. Mendirikan Badan Penerimaan Negara dan meningkatkan risiko penerimaan negara terhadap produk domestik bruto (PDB) ke 23 persen.

Dengan harapan besar akan perubahan yang lebih baik di masa depan, mahasiswa Aceh siap mengawal dan menagih janji-janji kampanye Prabowo-Gibran untuk kepentingan masyarakat Aceh secara keseluruhan.

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img