Sunday, November 27, 2022

Komnas HAM Investigasi Tragedi Kanjuruhan Malang

Nukilan.id – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan melakukan investigasi pemantauan dan penyelidikan terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menyebut tim akan tiba di Malang pada Senin (3/10).

“Tim akan turun ke Malang, Insya Allah besok sudah sampai Malang,” kata Anam dalam keterangan yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (2/10).

Anam mengatakan Komnas HAM telah berkomunikasi dengan sejumlah suporter Arema FC atau Aremania. Komnas HAM mengaku sudah mengantongi video dan rekaman suara sebagai bekal untuk investigasi.

“Kami mendapatkan beberapa keterangan, fakta, termasuk juga berbagai video, voice note, dan ini bekal bagi kami untuk turun ke lapangan besok,” ujarnya.

Anam berkata saat ini Komnas HAM tengah mendalami sejumlah regulasi, khususnya dari FIFA dan PSSI. Nantinya, aturan itu akan disandingkan dengan fakta-fakta yang ada.

“Termasuk kami juga akan mendalami terkait penggunaan gas air mata. Ini bekal kami yang akan kami gunakan mulai besok di Malang,” ucapnya.

Anam pun menyatakan Komnas HAM turut berduka cita atas tragedi tersebut yang menyebabkan ratusan orang tewas. Komnas HAM turut memantau korban-korban yang dilarikan ke rumah sakit. [CNNIndonesia]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img