Monday, February 26, 2024

Kiat Sukses Menghafal Al-Quran dari Juara Hifzil Quran di FASI XII Aceh

Nukilan.id – Kak Kila, sapaan akrab dari Syakila Atthahirah, yang baru saja mencatatkan namanya dalam sejarah kebanggaan Bireuen. Dalam ajang Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) XII tingkat Provinsi Aceh, Kak Kila berhasil meraih juara I pada cabang Hifzil Quran TQA PI di Aceh Barat Daya.

Prestasi gemilang Kak Kila tidak terhenti di sana. Sebelumnya, beliau telah mengukir prestasi sebagai Juara 1 MTQ tahfiz Kab. Bireuen tahun 2023, Juara 2 tilawah tgk Pentas PAI Kab. Bireuen, dan Juara 3 Hafiz Juz 30 antar taman pendidikan Quran di Bireuen. Sejumlah pencapaian membanggakan lainnya juga telah diukir oleh kakak pertama dari tiga bersaudara ini.

Ibunda Kak Kila, Putri Mizanna, mengungkapkan bahwa perjalanan menghafal Al-Quran dimulai sejak usia 3 tahun. 

“Sejak mengandung Kila, saya mencita-citakan memiliki anak penghafal Quran. Dari dalam kandungan, saya sudah memperdengarkan Syakila murattal Al-Quran selain konsisten memperbanyak tilawah dan memanjatkan doa saat hamil,” ungkap Putri, yang juga seorang Penyuluh Agama Islam Kabupaten Bireuen.

Kak Kila, lulusan SD IT Azkiya, kini menjadi santriwati di Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas di bawah pimpinan H. Zulfikar M Jamil, M. Ag. Setelah empat bulan menempuh pendidikan di sana, Kak Kila berhasil menyelesaikan hafalannya sebanyak 7 Juz. Prestasi ini membuat ibunya, Putri, merasa bangga dan bersyukur.

Ditemui di pondokannya, Kak Kila berbagi kiat dan metode dalam menghafal Al-Quran. Menurutnya, niat dan dorongan semangat dari orang tua merupakan hal utama. 

“Yang paling utama dalam menghafal Quran itu adalah niat, selain niat menjadi hafiz, juga mengharap ridha Allah SWT serta selalu istiqamah,” ujar Kak Kila, yang juga mahir dalam tilawah.

Kak Kila juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam mendampinginya menghafal Al-Quran. “Mama selalu bercerita tentang keutamaan orang-orang yang menghafal Al-Quran dan kenikmatan yang didapat dari menghafal Al-Quran,” ungkapnya. “Semoga kelak di surga, kakak bisa memberikan mahkota kepada mama dan ayah,” harap Kak Kila sambil memeluk ibunya.

Selain itu, Kak Kila memberikan tips bagi yang ingin menghafal Al-Quran, yaitu rajin murajaah, mengulang hafalan, dan banyak mendengar murattal. 

“Semakin sering mengulangi satu ayat, maka akan lebih mudah ayat tersebut melekat di dalam ingatan kita. Jangan terburu-buru menambah hafalan tanpa mengulang ayat sebelumnya berkali-kali,” tutup sang juara. Prestasi Kak Kila tidak hanya menjadi kebanggaan keluarga, tetapi juga inspirasi bagi generasi muda Bireuen. []

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img