Saturday, January 28, 2023

Jokowi Sebut Elon Musk Bakal Buka Pabrik Tesla di Indonesia

Nukilan.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ingin membuat sebuah ekosistem besar untuk baterai kendaraan listrik (EV baterai) di Indonesia.

“Kita ingin membuat ekosistem besar untuk EV baterai dan ini akan memberikan nilai tambah bagi Indonesia,” ujarnya dalam sebuah wawancara dengan The Economist pada Sabtu (12/11).

“Itu apa yang kita kejar,” imbuhnya.

Jokowi juga menyebut saat ini pihaknya masih dalam tahap pembicaraan dengan sosok paling populer di industri tersebut, Elon Musk.

Meski masih dalam tahap pembicaraan, Jokowi meyakini ke depannya Musk akan membangun pabrik baterai dan mobil Tesla di Indonesia.

“Kita masih dalam proses berbicara dengan Elon Musk dengan Tesla, masih proses. Tapi saya meyakini Tesla akan membangun pabrik baterai dan industri mobil di Indonesia,” tutur Jokowi.

Keyakinan tersebut mengakar pada pasar Indonesia dan ASEAN yang besar untuk industri tersebut.

“Saya meyakini itu karena Indonesia memiliki pasar yang besar dan juga pasar di ASEAN yang besar,” papar Jokowi.

“Saya kira itu sebuah opportunity,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Indonesia juga memiliki potensi besar untuk kendaraan listrik. Jokowi pernah mengatakan 60 persen komponen mobil listrik kuncinya ada di baterai, dan Indonesia memiliki cadangan untuk membuat komponen utama mobil listrik, yaitu baterai tersedia melimpah di Indonesia.

Penggunaan kendaraan listrik sendiri tengah coba didorong oleh pemerintah, salah satunya mendorong instansi pemerintah baik pusat dan daerah menjadi role model penggunaan kendaraan listrik. [CNN]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img