Friday, February 23, 2024

Ilham Habibie: UKM Harus Bisa Berinovasi

Nukilan.id – Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) mendorong para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk terus berinovasi dalam mengembangkan usaha.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Majelis Pimpinan Pusat (MPP) ISMI, Ilham Habibie dalam konferensi pers usai acara Silaturrahmi Bisnis (Silabis) ke-12 ISMI yang diselenggarakan di Hotel Hermes Banda Aceh, Rabu (16/6/2021).

“Tanpa kita sadari bahwa, inovasi cukup sentral pada pengembangan dunia ini. dan itu yang kita dorong kepada pelaku UKM. Karena, saat ini UKM, belum menjadikan inovasi sebagai hal utama,” kata dia.

Baca juga: Besok, Ilham Habibie Hadiri Silaturahmi Bisnis ISMI di Banda Aceh

Padahal menurut Ilham Habibie, para pelaku UKM telah banyak melihat inovasi-inovasi tersebut, namun tidak menjadikan itu sebagai hal utama dalam pengembangan UKM mereka masing-masing.

Oleh karena itu, kata Ilham Habibie, kita mau mendorong bahwasanya, pelaku UKM kita harus mengerti bagaimana sektor mereka masing-masing, sehingga mereka bisa berinovasi dengan lebih baik dan benar.

Sementara itu, lanjunya, perlu juga dicatat bahwa, ISMI mempunyai fokus khusus, yaitu pertama kita fokus kepada UKM. Kedua, kita mendorong semua anggota untuk aktif sebagai pengusaha memperhatikan teknologi, inovasi dan menyambungkannya dengan kewirausahaan mereka masing-masing.

Baca juga: Hadirkan 200 Pengusaha, ISMI Aceh Siap Dongkrak Ekonomi Rakyat

“Sekarang kita sama-sama mengerti bahwa, saat ini terlihat dengan dampaknya pandemi Covid-19 kepada ekonomi dan kepada dunia pada umumnya. Tetapi, masalah yang kita hadapi tersebut sudah bisa ditanggulangi dengan inovasi-inovasi yang kita gunakan,” jelas Ilham Habibie.

Seandainya, kata dia, kita tidak mengenal aplikasi-aplikasi yang berbasis video, maka sekolah berhenti total, karena tidak bisa sekolah tatap muka. Jadi dengan adanya inovasi yang sekarang, kita bisa melakukan sekolah secara virtual.[AW]

Baca juga: Aminullah Ajak ISMI Berinvestasi di Banda Aceh

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img