HomeSains & AlamDitemukan Planet Berair Dekat Bumi, Mungkin Bisa Ditinggali

Ditemukan Planet Berair Dekat Bumi, Mungkin Bisa Ditinggali

Nukilan.id – Sebuah planet yang memiliki air dan berbatu ditemukan. Jaraknya cukup dekat dengan Bumi, “hanya” 35 tahun cahaya dari sini. Ilmuwan mengungkapkan, mungkin planet ini memiliki semua komponen yang memungkinkan adanya kehidupan di sana.

Para peneliti dari European Space Observatory (ESO) mengatakan, exoplanet ini berada pada jarak yang tepat dari bintang yang sejuk dan terang, sehingga air mampu mengalir di permukaannya.

Para astronom melihat planet ini berada di konstelasi selatan Volans, terletak di zona “Goldilocks” tata surya atau layak huni. Ilmuwan meyakini zona ini memungkinkan kehidupan bisa bertahan.

“Kami memiliki petunjuk keberadaan planet terestrial di zona layak huni sistem ini,” kata penulis utama Dr. Olivier Demangeon dari University of Porto di Portugal, dikutip dari Studyfinds.org.

Tak hanya satu, ada exoplanet lain ditemukan. Planet kedua yang belum dikonfirmasi terletak lebih jauh dari bintang, yang dinamai L 98-59, kemungkinan juga mendukung kehidupan seperti yang kita kenal.

“Planet di zona layak huni mungkin memiliki atmosfer yang dapat melindungi dan mendukung kehidupan,” tambah rekan penulis Profesor Maria Osorio dari Centre for Astrobiology di Madrid, Spanyol.

Penemuan ini merupakan langkah penting dalam pencarian untuk menemukan kehidupan di luar Bumi di alam semesta. Temuan ini berasal dari analisis data yang dikumpulkan oleh Very Large Telescope (VLT) milik European Space Observatory di Chile. Teleskop ini menemukan exoplanet dari sistem yang menyerupai Bumi, Venus, Merkurius, dan Mars.

Deteksi adanya kehidupan akan tergantung pada kemampuan tim untuk mempelajari atmosfer masing-masing planet. Saat ini, teleskop yang digunakan tidak cukup besar untuk mencapai hal tersebut. Badan Antariksa Eropa (ARIEL (Atmospheric Remote-sensing Infrared Exoplanet Large-survey) baru akan melakukannya pada akhir dekade ini.

Simak Video “Ilmuwan Mendeteksi Permukaan Venus Bergerak Seperti Bumi”.[detikcom]

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img