Tuesday, July 23, 2024

Diskominfotik Kota Banda Aceh Raih Predikat Terbaik Kedua dalam Pengelolaan Keamanan Siber di Level 1 SOC Analyst

NUKILAN.id | Banda Aceh – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banda Aceh berhasil meraih predikat terbaik kedua dalam pengelolaan keamanan siber di Level 1 Security Operation Center (SOC) Analyst se-Aceh. Prestasi ini diraih dalam ajang “Born to Defence Pelatihan Level 1 Security Operations Center Analyst” yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (Pusbang SDM) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di Diskominsa Aceh. Pelatihan tersebut resmi berakhir pada Jumat (14/6/2024).

Kepala Diskominfotik Kota Banda Aceh, Alizar S.Ag, M.Hum, menyatakan rasa bangganya atas pencapaian ini. “Kami bangga atas capaian ini, ini membuktikan bahwa Diskominfotik memiliki SDM yang kompeten di bidangnya dan siap memberikan yang terbaik untuk Kota Banda Aceh,” ungkap Alizar.

Salah satu perwakilan Diskominfotik Kota Banda Aceh yang berhasil mendapatkan nilai terbaik kedua, Muhammad Ikhwan, menjelaskan bahwa penilaian dilakukan berdasarkan kemampuan menganalisa kerentanan pada sistem server. “Selain itu, juga dilakukan tes terhadap penguasaan materi,” tambahnya.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Aceh, Marwan Nusuf, B.HSc, MA, pada Senin (10/6/2024). Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Persandian, Muhammad Iman Jaya, ST, dan Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pengelolaan Kelembagaan BPSDM Aceh, dr. Chalili Putra, M. Kes. Kapusbang SDM BSSN, Rory Sitorus, S.I.P., M.Si.(Han), M.H.I., juga turut hadir secara online.

Pelatihan yang berlangsung selama lima hari kerja, dari 10 hingga 14 Juni 2024, ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pengetahuan terkait Security Awareness dalam mendeteksi, memonitor, dan merespon insiden Keamanan Siber secara real-time. Pusbang SDM BSSN terus mendorong berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan SDM Keamanan Siber dan Sandi, dengan memberikan pengetahuan serta pelatihan teknis yang diperlukan oleh para stakeholder. Diharapkan, ke depan dapat terbentuk budaya Keamanan Siber yang kuat dan proaktif di dalam organisasi.

Peserta pelatihan berasal dari berbagai sektor di Pemerintah Daerah Provinsi Aceh, termasuk sektor Administrasi Pemerintahan, Energi dan Sumber Daya Mineral, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Pertahanan.

Dengan prestasi ini, Diskominfotik Kota Banda Aceh menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme SDM di bidang keamanan siber, demi kemajuan dan keamanan digital Kota Banda Aceh.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img