Thursday, May 30, 2024

Berlemang Menjadi Tradisi di Kluet Timur Aceh Selatan Saat Menyambut Hari Raya

NUKILAN.id | Tapaktuan – Dalam menyambut hari raya Idul Fitri, masyarakat Gampong Durian Kawan, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan, tetap mempertahankan tradisi lama mereka, yaitu pembuatan dan penyajian lemang.

Zardan Salihin, salah satu warga setempat, menegaskan bahwa membuat lemang sebelum lebaran sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan identitas masyarakat Kluet, terutama di kalangan keluarganya.

“Lemang bukan sekadar makanan, tapi bagian dari warisan budaya kita yang harus dijaga dan dilestarikan,” ujar Zardan dengan penuh kebanggaan.

Zardan mengatakan, setiap tahun keluarganya selalu membuat lemang sebagai bagian dari persiapan menyambut tamu di hari raya Idul Fitri.

“Ini sudah menjadi tradisi turun temurun di keluarga kami,” kata Zardan.

Salah satu hal yang menarik dari tradisi ini adalah variasi lemang yang disajikan. Menurut Zardan, ada dua jenis lemang yang biasa dibuat oleh masyarakat Kluet, yaitu lemang ketan dan lemang gadung. Lemang ketan terbuat dari beras ketan yang dimasak bersama santan dan dibungkus dalam daun pisang, sedangkan lemang gadung terbuat dari olahan gadung yang juga dimasak dengan santan dan dibungkus dalam daun pisang.

“Kedua jenis lemang ini memiliki cita rasa yang berbeda, namun keduanya sama-sama lezat dan disukai oleh banyak orang,” tambah Zardan sambil tersenyum.

Zardan juga menjelaskan bahwa lemang tidak hanya disajikan sebagai hidangan untuk keluarga, tetapi juga untuk menyambut tamu yang datang berkunjung di hari raya Idul Fitri.

“Saat tamu datang, kami dengan senang hati menyuguhkan lemang sebagai tanda kehangatan dan keramahan kami kepada mereka. Ini adalah bagian dari tradisi kebersamaan dan persaudaraan yang kami bangun di sini,” ujarnya.

Tradisi membuat dan menyajikan lemang sebelum lebaran di Gampong Durian Kawan tidak hanya menjadi bagian dari perayaan hari raya, tetapi juga menjadi sarana untuk mempererat ikatan antarwarga dan memupuk nilai-nilai kebersamaan serta gotong royong yang sudah menjadi ciri khas masyarakat Aceh Selatan.

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img