Monday, July 15, 2024

Aceh Besar Dilanda Banjir, 58 Kepala Keluarga Mengungsi

Nukilan.id – Banjir melanda Kawasan Aceh Besar akibat tingginya curah hujan yang terjadi sejak Jumat (9/7/2021), merendam ratusan rumah warga dan 58 kepala keluarga diantaranya mengungsi.

Petugas PUSDALOPS-PB BPBD Aceh Besar, Maswani menyebutkan 58 kepala keluarga yang mengungsi tersebut terdiri dari delapan KK mengungsi di TPA Dusun Teladan Gampong Garot dan 50 KK lainnya mengungsi ke tempat saudara dan tetangga.

“BPBD Aceh Besar masih terus memantau dan mendata di sejumlah titik lokasi banjir dan daerah yang berpotensi terjadi nya banjir susulan dan longsor serta berkoordinasi dengan Dinas Sosial Aceh Besar,” kata Petugas BPBD Aceh Besar di Aceh Besar, Minggu (11/7/202).

Ia menjelaskan BPBD Aceh Besar telah berkoordinasi dengan aparatur Gampon Garot dan pengurus komplek Villa Buana untuk mengantisipasi kemungkinan bertambahnya tinggi muka air maka telah menyiapkan dua titik pengungsi yakni di Gampong Garot (SDN Garot) dan di Pesantren Ma’had Daarul Thafid Al Ikhlas.

Pihaknya juga telah menyiagakan satu unit perahu fiber di Gampong Garot untuk melakukan evakuasi warga jika debit air bertambah.

Data PUSDALOPS-PB BPBD Aceh Besar menyebutkan di Kecamatan Darul Imarah, banjir merendam 50 rumah warga di Gampong Garot dengan ketinggian air 10 cm sampai 60 cm dan terjadi peningkatan debit air berkisar 30 cm sehingga ada delapan KK mengungsi di TPA Dusun Teladan Gampong Lampasie Engking Dusun Lampoh Siploh sepuluh unit rumah, satu KK mengungsi ke tempat tetangga dan satu lainnya ke tempat umum.

Selanjutnya banjir merendam delapan unit rumah di Dusun Ujong Engking, 185 unit rumah di Vila Buana dan sebanyak 45 KK mengungsi ke tempat saudara dan tetangga serta di Ujong Blang terendam dua unit rumah.

Selanjutnya di Gampong Gue Gajah banjir merendam sebanyak 104 rumah dan Gampong Pasie Beutong merendam tujuh unit rumah.

Selanjutnya di Kecamatan Peukan Bada Gampong Ajuen banjir merendam 123 rumah yang tersebar di empat dusun dan Komplek Alwika Lestari Gampong Lhang Kecamatan Darul Kamal banjir merendam 36 rumah dengan ketinggian air 40 cm hingga 80 cm.

“Secara umum pada hari ini kondisi cuaca berawan, namun berpeluang kembali terjadi hujan intensitas sedang dan tinggi serta dapat berpeluang kembali terjadi banjir susulan,” katanya. [antara]

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img