Gunung Semeru Erupsi Tiga Kali Pagi Ini, Warga Diminta Waspada

Share

NUKILAN.id | Surabaya – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami tiga kali erupsi pada Selasa (23/7/2024) pagi. Erupsi terjadi pada pukul 00.42 WIB, 05.20 WIB, dan 06.01 WIB. Namun, letusan tersebut tidak dapat dipantau secara visual karena tertutup kabut tebal.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Patfia Dwi Hastiadi, mengonfirmasi bahwa hingga saat ini belum ada laporan mengenai dampak letusan terhadap warga sekitar.

“Menurut laporan dari pos pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur, benar telah terjadi erupsi tiga kali, tapi karena tertutup kabut, jadi tidak terlihat,” kata Patria di Lumajang, Selasa (23/7/2024).

Saat ini, status Gunung Semeru masih berada di Level II atau Waspada. Patria menambahkan bahwa aktivitas warga yang berada di lereng Gunung Semeru masih terpantau normal. Meski begitu, ia mengimbau warga yang beraktivitas di lereng gunung untuk tetap waspada.

“Warga diminta tidak melakukan aktivitas apa pun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 kilometer dari puncak (pusat erupsi). Selain itu, dalam radius lima kilometer dari kawah Gunung Semeru agar tidak dilakukan aktivitas karena rawan terhadap bahaya lontaran batu,” jelas Patria.

Lebih lanjut, warga juga diminta tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak.

“Kami imbau warga untuk tetap waspada dan perhatikan rekomendasi dari PVMBG, apalagi erupsi yang terjadi terkadang tidak bisa dilihat secara visual seperti pagi tadi,” pungkasnya.

Editor: Akil

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Read more

Local News