Inflasi Aceh Juni 2024 Terkendali, BI Aceh: Waspada Risiko Base Effect

Share

NUKILAN.id | Banda Aceh – Bank Indonesia Perwakilan Aceh mencatat bahwa inflasi Aceh pada Juni 2024 berada pada level yang terkendali, yaitu 3,09 persen (tahun ke tahun) atau 0,03 persen (bulan ke bulan). Angka ini masih dalam target inflasi nasional di kisaran 2,5 persen.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Aceh, Rony Widijarto, menyampaikan bahwa pencapaian ini merupakan hasil sinergi yang kuat antara Pemerintah Daerah dan Lembaga terkait.

“Upaya pengendalian inflasi di Aceh dilakukan melalui berbagai langkah strategis, seperti operasi pasar, pemantauan harga,” ujar Rony kepada Nukilan, Jum’at (12/7/2024).

Meskipun inflasi Aceh terkendali, Rony mengingatkan masih terdapat risiko base effect yang perlu diwaspadai. Hal ini dikarenakan inflasi yang rendah di tahun 2023 berpotensi mendorong inflasi yang lebih tinggi di tahun 2024.

“Untuk itu, sinergi dan koordinasi antar pemangku kepentingan perlu terus diperkuat dalam rangka menjaga stabilitas harga dan mendukung pertumbuhan ekonomi Aceh,” kata Rony.

Keberhasilan pengendalian inflasi di Aceh juga diakui secara nasional. TPID Provinsi Aceh dan TPID Kota Banda Aceh meraih penghargaan sebagai tiga besar TPID Provinsi Terbaik dan TPID Kota IHK Terbaik tahun 2023 untuk Kawasan Sumatera.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus bekerja keras dalam menjaga stabilitas harga dan mendukung pertumbuhan ekonomi Aceh,” tandasnya.

Reporter: Rezi

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Read more

Local News