Jufri Hasanuddin Kembali Maju di Pilkada 2024, Ini Rekam Jejak Mantan Bupati Abdya 2012-2017

Share

NUKILAN.id | Blangpidie – Jufri Hasanuddin, mantan Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) periode 2012-2017, kembali mencalonkan diri dalam Pilkada 2024. Jufri yang dikenal memiliki naluri politik tajam dan keberanian dalam mengambil keputusan, sebelumnya telah memiliki rekam jejak politik yang panjang dan berwarna.

Berdasarkan penelusuran digital oleh Nukilan.id, pria kelahiran 5 Oktober 1967 ini mengawali karir politiknya pasca konflik Aceh. Alumni SMA Blangpidie ini bergabung dengan Partai Aceh (PA), partai lokal yang didirikan oleh mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), pada 7 Juli 2007.

Dalam Pemilu 2009, pemilu perdana pasca konflik dan tsunami, Jufri berhasil terpilih sebagai anggota DPRA untuk periode 2009-2014 dari Daerah Pemilihan (Dapil) 9 Aceh yang meliputi Abdya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, dan Subulussalam. Di DPRA, ia menjabat sebagai Ketua Komisi D yang membidangi infrastruktur, sebuah posisi bergengsi dan strategis.

Pada 2012, setelah 2,5 tahun menjabat sebagai Ketua Komisi D, Jufri memutuskan maju dalam Pilkada Abdya sebagai calon bupati dengan dukungan penuh Partai Aceh. Meskipun harus menghadapi petahana Akmal Ibrahim, Jufri bersama pasangannya Yusrizal Razali yang diusung PA tanpa koalisi, berhasil memenangkan Pilkada. Pasangan ini dikenal dengan sebutan “JIHAD” (Jufri Hasanuddin dan Yusrizal Razali).

Jufri dilantik sebagai Bupati Abdya pada 13 Agustus 2012. Namun, masa kepemimpinannya diwarnai oleh tantangan, termasuk meninggalnya Wakil Bupati Yusrizal Razali pada 27 Juni 2014. Posisi Yusrizal kemudian digantikan oleh Erwanto.

Menjelang Pilkada 2017, Jufri membuat keputusan mengejutkan dengan tidak mencalonkan diri kembali, meski mendapat dorongan dari berbagai tokoh masyarakat. Keputusannya tersebut masih menjadi tanda tanya hingga kini.

Setelah tidak maju dalam Pilkada 2017, Jufri mencoba peruntungan di Pemilu legislatif 2019 dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPR-RI dari Partai Nasdem untuk Dapil Aceh 1. Namun, kali ini ia gagal melangkah ke Senayan.

Dengan rekam jejak politik yang panjang dan berbagai pengalaman, Jufri Hasanuddin kini kembali bersiap untuk bertarung dalam Pilkada 2024. Masyarakat Abdya tentu menantikan kiprah dan strategi apa yang akan dibawa Jufri dalam upayanya merebut kembali kursi bupati.

Reporter: Akil Rahmatillah

Read more

Local News