Saturday, September 21, 2024
1

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Meulaboh

Nukilan.id – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,1 mengguncang kawasan Meulaboh, Aceh Barat dan daerah pesisir pantai barat Sumatera dekat dengan Kabupaten Nagan Raya, Selasa (7/11/2023) sekira pukul 04.12 WIB dini hari.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan titik pusat gempa berada di 124 Km arah Barat Daya Kota Meulaboh. Titik koordinat gempa berada di 5.24 derajat Lintang Utara (LU) dan 94.25 derajat Bujur Timur (BT) atau pada Koordinat: 5.24° LU – 94.25° BT.

Seismolog Pusat Gempa Regional BMKG Wilayah I, Rini Kumalasari Purba mengatakan gempa ini tidak berpotensi memicu terjadinya tsunami dan dikategorikan sebagai gempa signifikan. Hingga saat ini belum diketahui mengenai kerusakan yang disebabkan gempa ini, namun getaran gempa dilaporkan warga cukup kuat.

“Informasi yang diperoleh dari BPBD setempat, beberapa warga sempat keluar rumah karena panik terhadap guncangan gempa yang terjadi dengan durasi sekitar 2-5 detik,” ujar Rini Kumala Sari Purba, Selasa (7/11/2023).

Rini menjelaskan gempa dini hari ini terjadi di kedalaman dangkal-menengah, yaitu 40 km, karena itu bisa dikaitkan dengan aktivitas tektonik dari zona subduksi Sumatera.

Dia menambahkan, gempa itu memiliki mekanisme patahan naik thrust fault yang bisa dianggap terjadi pada bagian batas antara interior lempeng oseanik Indo-Australia dan kontinen Eurasia. Distribusi gempa bumi dibangkitkan karena adanya pergerakan subduksi miring Lempeng Oseanik Indo-Australia yang menunjam Lempeng Benua Eurasia dengan laju geser 5-6 cm/tahun.

“Dalam beberapa kasus, aktivitas gempa interface memiliki potensi untuk mempengaruhi seismisitas pada patahan aktif yang tersegmentasi di sepanjang daratan Aceh yang bergerak pada arah dekstral atau menganan,” demikian penjelasan Rini Kumala Sari Purba. [Sammy]

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img