Friday, September 20, 2024
1

BNPT dan FKPT Aceh Tanam Sikap Toleransi kepada Anak SD di Aceh Besar

Nukilan.id – Ketua FKPT Aceh Dr Mukhlisuddin Ilyas, M. Pd mengatakan, toleransi dalam keberagaman di sekolah memiliki korelasi langsung dengan peningkatan motivasi belajar siswa untuk tampil kreatif dan inovatif.

Hal tersebut disampaikannya dalam kegiatan Salam Anak Bangsa bertajuk Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme yang digelar BNPT melalui Bidang Perempuan dan Anak FKPT Aceh di SDN Tgk Chiek Eumpe Awee, Aceh Besar, Rabu (26/10/2023).

“Setiap anak di Indonesia memiliki hak untuk bertumbuh dengan baik, didengarkan pendapat mereka dan memiliki hak untuk menyampaikan informasi yang bermanfaat, tidak terkecuali dengan teman sebaya,” kata Dr Mukhlisuddin.

Kata Mukhlis, dalam setiap aksi terorisme, anak adalah korban sehingga masuk dalam kelompok rentan, sehingga perlu ada penanaman nilai-nilai Pancasila dan toleransi sejak usia dini untuk mencegah pengaruh paham radikal terorisme.

“Kami siap mendorong Guru dan Pembimbing Siswa agar mampu menjadi agen perdamaian , mengorganisir Siswa dan Siswi dan menumbuhkan kesadaran untuk bersama-sama melawan segala bentuk paham dan propaganda kelompok radikal terorisme setidaknya untuk lingkungan Sekolah dan keluarga masing-masing. Salah satu bentuk kepedulian kita pada mereka adalah membelajarkan mereka sejak dini tentang kehidupan dan cinta tanah air,” jelas Mukhlis.

Sementara Kasubdit Kontra Propaganda BNPT RI) Kolonel (Sus) Drs Solihuddin Nasution menyampaikan, saat ini adalah waktu yang tepat untuk terus menumbuh kembangkan sikap, mental, perilaku, potensi, dan karakter positif pada anak. Salah satu bentuk kepedulian kita kepada anak-anak adalah membelajarkan mereka sejak dini tentang kehidupan dan cinta tanah air.

“Anak Indonesia adalah harapan bangsa, Anak Indonesia adalah kekayaan yang tak ternilai harganya. Mereka adalah asset besar bangsa yang besar ini,” kata Solihuddin Nasution.

Acara tersebut turut menghadirkan narasumber Nasional Dian Nuranindya, S.E., M.Si dan Kepala Sekolah SD Tgk Chiek Eumpe Awee Monasari, S.Pd., M.Pd.

Turut hadir dari Tim BNPT Kolonel (Sus) Drs Solihuddin Nasution bersama Pendamping BNPT, Indra Darmawan, Ari Santoso, Ahmad Sobari. Sedangkan dari FKPT Aceh, Dr. Mukhlisuddin Ilyas, M.Pd, Suraiya Kamaruzzaman, ST., L.LM.,MT, Dedy Andrian, SE, Nera Gustika, S. STP., MM, Zarniadi TA, SE dan Satgas FKPT Aceh. Hadir juga Pengawas Pembina SD Aceh Besar Drs. Ismuha, M.Pd. []

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img