Sunday, July 14, 2024

Masa Jabatan Mahyuzar Berakhir, Nasib Pj Bupati Aceh Utara Belum Jelas

NUKILAN.id | Lhoksukon – Masa jabatan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Utara, Mahyuzar, akan berakhir pada 14 Juli mendatang. Hingga kini, belum ada kepastian apakah Mahyuzar akan diperpanjang atau digantikan oleh penjabat baru.

Mahyuzar telah memimpin Kabupaten Aceh Utara yang berpenduduk lebih dari 627 ribu orang di 27 kecamatan sejak dilantik oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki pada 14 Juli 2023 di Anjong Mon Mata, Komplek Meuligoe Gubernur Aceh.

Kabag Humas Setdakab Aceh Utara, Muslem Araly, pada Selasa (9/7/2024), mengonfirmasi bahwa masa jabatan Pj Bupati Aceh Utara akan berakhir pada 14 Juli 2024.

“Kita tunggu saja keputusan dari Mendagri terkait apakah jabatan Pj Bupati Aceh Utara akan diperpanjang atau tidak,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Senin (11/6/2024), pimpinan DPRK Aceh Utara telah mengusulkan tiga nama calon Pj Bupati Aceh Utara ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta. Namun, mereka tidak mengusulkan Mahyuzar untuk kembali menjabat.

Ketiga calon Pj Bupati Aceh Utara yang diusulkan adalah: A.Murtala, Penjabat Bupati Aceh Jaya (eselon IIb), Amir Syarifuddin, SKM, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara (eselon IIa), dan Fakhruradhi, MH, Sekretaris DPRK Aceh Utara (eselon IIa).

Surat usulan calon Pj Bupati Aceh Utara tersebut diantarkan langsung ke Jakarta oleh Ketua DPRK Aceh Utara, Arafat Ali, MM, didampingi empat Ketua Fraksi, dan diterima oleh Kepala Subdirektorat Wilayah 1 Direktorat Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Kemendagri, R Hendi Nur Kusuma MA, di Gedung Kemendagri.

Keempat Ketua Fraksi yang mendampingi Ketua DPRK Aceh Utara adalah: Anzir, Ketua Fraksi Gabungan dari Partai Nanggroe Aceh (PNA), Nasdem, dan Partai Kesatuan Bangsa (PKB), Ismed Nur AJ Hasan, Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Teuku Otman, Ketua Fraksi Partai Aceh (PA), dan Anwar Risyen, Ketua Fraksi Gerakan Keadilan, gabungan dari Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan PAN.

Hadir juga Wakil Ketua Fraksi Partai Aceh, Muhammad Yusuf, dan anggota DPRK Aceh Utara, Mukhtar, SE.

Dengan waktu yang semakin mendekati akhir masa jabatan Mahyuzar, publik Aceh Utara menunggu keputusan dari Mendagri mengenai siapa yang akan memimpin kabupaten ini selanjutnya.

Editor: Akil

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img