Thursday, May 30, 2024

Kirab Ramadan Meriahkan Aceh Ramadan Festival 2024

NUKILAN.id | Banda Aceh – Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, dengan semangat membara memimpin pelepasan Kirab Ramadan dalam rangka memeriahkan Aceh Ramadan Festival 2024. Acara yang diikuti oleh sembilan unit mobil hias, mewakili sembilan kecamatan di Banda Aceh, berlangsung meriah di Jl Abu Lam U, depan Balai Kota Banda Aceh pada Jumat (29/3/2024).

Dari pantauan Nukilan.id di lokasi, dalam acara ini turut berhadir Asisten Pemerintah Kota Banda Aceh, Bachtiar, Kadisbudpar Aceh Almuniza Kamal, Kadispar Kota Said Fauzan, serta para camat yang turut memeriahkan momen istimewa ini.

Rute kirab dimulai dari Jl Abu Lam-U, melalui Jalan T Mahmudsyah, Jalan Chik Ditiro, Hasan Dek, Jalan T Angkasa, hingga mencapai Pante Pirak, Simpang Kodim, dan finish di samping Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Mobil hias yang memenuhi rute tersebut, disertai dengan lantunan shalawat, menarik perhatian warga sepanjang perjalanan. Mereka turut merayakan momen tersebut dengan mengabadikannya melalui smartphone masing-masing.

Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, lepas pawai kirab budaya Aceh Ramadhan Festival 2024. (Foto: bandaacehkota.go.id)

Pada kesempatan tersebut, Pj Wali Kota menyampaikan bahwa Kirab Ramadan bukan hanya sekadar tradisi, tetapi juga simbol kebersamaan dan keberagaman budaya yang memperkaya khazanah Aceh.

Dalam tema “Immerse Yourself Into the Spiritual Journey in Serambi Mecca” yang diusung dalam Aceh Ramadhan Festival 2024, dia mengajak semua yang hadir untuk merasakan kehangatan bulan suci Ramadan dan menyatu dengan keunikan budaya yang menjadi ciri khas Aceh.

Amiruddin menegaskan bahwa Aceh Ramadhan Festival 2024 adalah bukti nyata kolaborasi erat antara Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kota Banda Aceh dalam melestarikan tradisi dan budaya yang menggambarkan citra Aceh sebagai Serambi Makkah.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung setiap acara yang diselenggarakan dalam Aceh Ramadhan Festival 2024 dengan penuh semangat dan antusiasme.

“Momen ini juga menjadi kesempatan bagi semua untuk menikmati kuliner khas Aceh, memperdalam pemahaman akan nilai-nilai spiritual, serta mempererat tali persaudaraan di antara semua pihak,” kata Amiruddin.

Kirab Ramadan ini ditutup dengan acara penyambutan di panggung utama samping Masjid Raya Baiturrahman oleh Pj Sekda Provinsi Aceh, Azwardi bersama Porkopimda dan para Kepala SKPA. Kirab atau pawai mobil hias ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi semua pihak dan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menjajal suasana berpuasa di Aceh.

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img