Pj Sekda Aceh Lantik Pejabat Eselon II, Dorong Percepatan Realisasi APBA dan Sukseskan PON XXI

Share

NUKILAN.id | Banda Aceh — Penjabat Sekretaris Daerah Aceh, Azwardi, melantik sejumlah Pejabat Eselon II di jajaran Pemerintah Aceh, Kamis (15/8/2024). Dalam prosesi yang berlangsung di Anjong Mon Mata, kompleks Meuligoe Gubernur Aceh, Azwardi menekankan pentingnya percepatan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) serta kesuksesan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI dan Pilkada 2024.

Azwardi, yang mewakili Pj Gubernur Aceh dalam sambutannya, menekankan bahwa tantangan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan percepatan pembangunan di Aceh sangatlah besar. Oleh karena itu, para pejabat yang baru dilantik harus segera menyesuaikan diri dengan tugas baru mereka dan membangun sinergi dalam tim kerja yang solid dan efektif.

“Untuk menjawab tantangan ini, kita perlu bergerak cepat, tidak hanya menyesuaikan diri dengan tugas baru, tetapi juga aktif mencari solusi inovatif untuk setiap tantangan yang dihadapi,” tegas Azwardi.

Ia juga mengingatkan bahwa disiplin dan kinerja yang tinggi dari setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah kunci keberhasilan bersama. Berbagai upaya peningkatan kualitas layanan publik harus terus didorong demi kepentingan masyarakat Aceh.

“Saya mengajak Saudara sekalian untuk tidak hanya melaksanakan tugas, tetapi juga menjadi teladan dalam menjaga etika kerja dan integritas pribadi,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Azwardi menyoroti pentingnya percepatan realisasi APBA. Dengan memasuki triwulan ketiga, target realisasi fisik adalah 65 persen dan realisasi keuangan 60 persen. Namun, hingga saat ini, baru tercapai 50 persen untuk fisik dan 46,9 persen untuk keuangan.

“Segera lakukan langkah-langkah percepatan agar realisasi serapan APBA bisa mencapai target yang telah ditetapkan. Semua pihak harus bekerja sinergis dengan seluruh jajaran pemerintah dan mitra kerja lainnya untuk memastikan setiap anggaran yang dialokasikan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin demi kesejahteraan masyarakat Aceh,” pesan Azwardi.

Selain itu, Azwardi menegaskan pentingnya memberikan perhatian khusus terhadap suksesnya pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut dan Pilkada 2024. Dua agenda besar ini, menurutnya, akan menjadi tolok ukur kemampuan organisasi pemerintah Aceh dan akan memberikan dampak positif yang besar bagi pembangunan serta promosi daerah di tingkat nasional maupun internasional.

“Mari kita tingkatkan kolaborasi dan sinergi antar-SKPA serta semua pemangku kepentingan untuk mencapai visi dan misi Pemerintah Aceh. Semangat dan tekad yang bulat sangat diperlukan untuk mewujudkan Aceh yang lebih baik, maju, dan sejahtera bagi semua warganya,” imbau Azwardi.

Pejabat yang dilantik pada kesempatan ini di antaranya adalah Restu Andi Surya sebagai Staf Ahli Gubernur bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan; Taufik sebagai Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Aceh; Teuku Nara Setia sebagai Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh; Akkar Arafat sebagai Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Aceh; serta Teuku Zaufi sebagai Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Aceh.

Pelantikan ini merupakan hasil dari lelang Jabatan Tinggi Pratama yang diselenggarakan oleh Pemerintah Aceh melalui Tim Panitia Seleksi yang diketuai oleh mantan Sekda Aceh, T Setia Budi. Prosesi ini turut disaksikan oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Iskandar, dan Inspektur Aceh, Jamaluddin, serta dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Aceh, Ketua Tim Pansel Seleksi JPT T Setia Budi, dan para Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh lainnya.

Editor: Akil

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Read more

Local News