Kejari Aceh Besar Gandeng BPBD Edukasi Siaga Bencana

Share

Nukilan.id – Dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan para pegawai, pramubhakti dan tenaga security Kejaksaan Negeri Aceh Besar bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Aceh Besar menggelar kegiatan Edukasi Siaga Bencana.

Kegiatan ini mencakup simulasi bencana kebakaran, gempa bumi, dan penanganan hewan melata yang dilaksanakan di kantor Kejaksaan Negeri Aceh Besar pada Senin 25 September 2023.

Dalam sambutannya Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Besar, Basril G, S.H, M.H, menyampaikan, simulasi siaga bencana ini merupakan upaya penting dalam menambah wawasan dan pengetahuan para pegawai, pramubhakti, dan tenaga security dalam mengantisipasi situasi bencana yang dapat terjadi kapan saja.

“Selama kegiatan ini, pihak BPBD Kabupaten Aceh Besar memberikan sharing knowledge yang sangat berharga kepada peserta simulasi siaga bencana. Selain paparan teori, peserta juga melakukan praktek langsung atau simulasi terkait tata cara penanganan pada tahap awal terjadinya bencana,” ujarnya. 

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan kesiapsiagaan, Irwansyah, SH. dan Komandan Pusdalops BPBD Aceh Besar, Iqbal, menyampaikan bahwasanya daerah indonesia khususnya Kabupaten Aceh Besar berada pada lingkaran api atau lingkaran bencana (Ring Of Fire) seperti sesar patahan Seulimeum, untuk itu kegiatan ini sangat bermanfaat dalam memitigasi risiko bencana yang akan terjadi. 

“Dalam langkah – langkah menghadapi situasi bencana dihimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan selalu melakukan mitigasi risiko bencana,” tuturnya. []

Read more

Local News