Tuesday, April 23, 2024

Tekan Angka Kemiskinan, Pemkab Gayo Lues Dongkrak Peningkatan Mutu Pendidikan

Nukilan.id – Penjabat Bupati (Pj) Bupati Gayo Lues, Drs. Alhudri, MM mengajak semua stakeholder, terutama tenaga pendidik yang ada di Gayo Lues agar dapat bersinergi dengan bersungguh-sungguh dalam upaya mendongkrak peningkatan mutu pendidikan di Negeri Seribu Bukit itu.

Menurut Alhudri, hal itu merupakan arahan Pj. Gubernur Aceh Achmad Marzuki kepadanya selaku Pj. Bupati Gayo Lues.

Baca Juga: Komisoner Panwaslih Aceh Rencanakan Buka Klinik Demokrasi Hukum dan Pemilu

“Pendidikan sangat berpengaruh terhadap penurunan angka kemiskinan. Karena ia adalah lokomotif pembangunan sumber daya manusia. Semakin banyak generasi kita yang cerdas, maka mereka akan terhindar dari jurang kemiskinan,” kata Alhudri.

Hal itu disampaikan Alhudri usai membacakan sambutan Menteri Pendidikan Indonesia saat menjadi Irup Hardiknas 2023 di halaman Kantor Bupati Gayo Lues, Selasa 02 Mei 2023.

Alhudri menuturkan, Kabupaten Gayo Lues berada pada peringkat ke 2 (dua) daerah termiskin di Aceh setelah Aceh Singkil. Adapun salah- satu indikator penyebab kemiskinan adalah pendidikan. Untuk Kepala Dinas Pendidikan Aceh itu akan memprioritaskan peningkatan pendidikan di Gayo Lues.

“Kami hakul yakin dengan meningkatnya kualitas pendidikan di Gayo Lues, maka masyarakat akan semakin cerdas, sehingga angka kemiskinan pun akan mengalami penurunan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Alhudri juga menyampaikan bahwa dunia pendidikan saat ini sedang mengalami perubahan yang sangat besar. Program Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik.

Hal ini agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Hadir dalam upacara itu unsur Forkopimda, Sekda Gayo Lues bersama seluruh jajaran satuan kerja perangkat kabupaten, dan para tamu undangan lainya.[]

Baca Juga: Pemerintah Aceh Pulangkan Puluhan Mahasiswa Korban Konflik Sudan

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img