Sunday, July 14, 2024

Siswa SLB Banda Aceh dan Aceh Besar Juara Umum O2SN Tingkat Provinsi

NUKILAN.id | Banda Aceh – Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih predikat juara umum pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Lomba Kompetensi Siswa (LKS), serta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat provinsi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu secara daring.

Pengumuman dan pembagian hadiah ketiga lomba tersebut berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Aceh pada Minggu malam (7/7/2024). Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Marthunis, bersama Kabid GTK, Muksalmina, dan Kabid Sarpras, Sya’baniar, menyerahkan langsung hadiah kepada para pemenang.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, Syarwan Joni, pada Rabu (10/7/2024) menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan siswa SLB di wilayahnya yang berhasil menjadi juara umum.

“Selamat kepada anak-anak kami yang meraih juara satu sekaligus mewakili Aceh ke tingkat nasional pada lomba O2SN, LKS, dan FLS2N pada Agustus 2024 mendatang di Jakarta,” ujar Syarwan.

Syarwan menjelaskan bahwa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) atau sering disebut “Anak Emas” memiliki talenta di bidangnya masing-masing. Talenta tersebut, menurutnya, dapat muncul ke permukaan hingga meraih prestasi berkat dedikasi dan didikan kepala sekolah serta dewan guru Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK).

Juara satu pada O2SN cabang lomba Balap Kursi Roda diraih oleh Rahmat Mulia dari SLBN Banda Aceh, sementara Nanda Firyal dari SLB-B YPAC Banda Aceh meraih juara pada cabang Bulu Tangkis Tunggal. Annisa Salsabila dari SLB Bukesra Banda Aceh menjadi yang terbaik pada cabang Catur, sedangkan Muhammad Abrar Akbar asal SLBN Jantho memenangkan cabang Lari 100 Meter.

Selain itu, Riski Maulana dari SLBN Banda Aceh berhasil meraih juara pada cabang Lempar Turbo, dan M. Fadir asal SLBN Jantho memenangkan cabang Tenis Meja.

Untuk LKS, juara satu cabang lomba Karya Kayu diraih oleh Ahmadani, cabang Membatik oleh Fira Rosarnita, Tata Kecantikan oleh Salsabila Nuraliza, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Alya Aqilla, keempatnya berasal dari SLBN Pembina Provinsi Aceh. Firda Umaiya dari SLB-B YPAC Banda Aceh juga meraih juara satu pada cabang Tata Busana.

Pada FLS2N, Annisa Syakira dari SLBN Pembina Provinsi Aceh meraih juara pada cabang Melukis SDLB, sedangkan Nayla Annisa Jurianto dari SLB-B YPAC Banda Aceh meraih juara pada cabang Melukis SMPLB. Hikmah dari SLBN Jantho memenangkan cabang Menyanyi SMPLB, dan Yoga Darmawan Kudadiri dari SLBN Pembina Provinsi Aceh meraih juara pada cabang Pantomim.

“Dengan perolehan juara satu tersebut, maka ditetapkan Banda Aceh dan Aceh Besar sebagai juara umum O2SN, LKS, dan FLS2N tingkat provinsi tahun 2024,” ungkap Syarwan.

Syarwan mengharapkan para siswa yang akan berlomba di tingkat nasional dapat meraih juara seperti tahun lalu dengan membawa pulang medali emas.

Kepala SLBN Jantho, Nilawati, yang juga Ketua MKKS SLB Provinsi Aceh periode 2023-2025, mengucapkan terima kasih atas prestasi yang diraih oleh siswa-siswa SLB Banda Aceh dan Aceh Besar.

“Selamat melangkah ke tingkat nasional, terima kasih kepada Kepala SLB Banda Aceh dan Aceh Besar serta guru pembimbing yang telah berhasil membimbing mereka hingga meraih prestasi gemilang,” ucap Nilawati.

Hal serupa disampaikan oleh Kepala SLBN Pembina Provinsi Aceh, Yossi Novianti, yang merasa sangat bangga dengan prestasi peserta didiknya.

“Semoga mereka bisa meraih juara di tingkat nasional,” harapnya.

Editor: Akil

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img