Saturday, October 1, 2022

Personil Hubdam Iskandar Muda Lestarikan Situs Sejarah Kerajaan Aceh

Nukilan.id – Personil Perhubungan Daerah Militer Iskandar Muda (Hubdam IM) bersama pegawai Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh, Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (Mapesa), dan anggota Polri melakukan bakti sosial di lokasi situs sejarah Kerajaan Aceh Darussalam, Kampung Pande, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh, Jumat (29/7/22).

Kegiatan yang dinisiasi oleh Hubdam ini dilaksanakan untuk menyelamatkan dan menata kembali sejumlah batu nisan dan benda bersejarah lainnya peninggalan masa kerajaan Aceh Darussalam abad ke-16 yang rusak dan terkubur dalam lumpur akibat bencana tsunami 26 Desember 2004 silam.

Dalam kesempatan itu, Kahubdam Kodam IM, Kolonel Jun H Mastra menyampaikan, kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk mengajak masyarakat lebih peduli, merawat, menjaga dan melestarikan makam peninggalan sejarah.

“Dengan adanya kegiatan ini mengingatkan kita dan juga seluruh masyarakat bahwa makam ini merupakan bagian dari sejarah Aceh,” ungkap Kolonel Jun.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini dilaksanakan sekaligus untuk menjalin hubungan baik dan silaturahmi antara Hubdam IM dengan masyarakat.

Dalam kesempatan sama, Perwakilan Arkiolog BPCB Aceh, Amboe As Aziz mengatakan, pembersihan batu makam ini untuk mengetahui posisi-posisi situs makam kuno dari kerajaan Aceh.

“Hari ini kita telah menemukan tiga titik makam dikawasan Gampong Pande, karena itu kita melakukan pembersihan dan mendirikan serta menempatkan kembali batu – batu nisan tersebut,” kata Amboe.

Ia menyebutkan, kegiatan sosial ini sering dilaksanakan Hubdam IM. Dan rencananya masih ada satu tempat lagi yang akan dikunjungi untuk melakukan pembersihan semacam ini.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Perwakilan Posramil Kutaradja, Satpol PP, Polsek Kutaradja, dan Kepala Desa beserta masyarakat setempat. []

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img