Sunday, July 14, 2024

Pelepasan Mahasiswa KKN Universitas Syiah Kuala: Kolaborasi untuk Pengabdian di Aceh Besar

NUKILAN.id | Banda Aceh – Pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Syiah Kuala (USK) berlangsung pada pukul 08.30 hingga 09.30 WIB di depan Rektorat USK, Senin (8/7/2024). Acara dibuka oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) USK, Profesor Mudatsir, didampingi oleh Ketua P3KKN. Turut hadir Rektor USK beserta jajaran.

Zulkifli, selaku Ketua Koordinator Lokasi mengatakan, setelah seremoni pembukaan, para mahasiswa KKN diantar ke Gedung Dekranas Desa Gani, Blang Bintang untuk prosesi penyerahan mahasiswa KKN dari Wakil Rektor Bidang Akademik kepada Penjabat (PJ) Bupati Aceh Besar yang diwakili oleh Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Aceh Besar, Jamaluddin.

“Para mahasiswa ini kemudian disebar ke seluruh kantor kecamatan di Aceh Besar, termasuk di Kecamatan Montasik,” kata Zulkifli kepada Nukilan.id, Senin (8/7/2024) melalui sambungan telepon.

Serah terima di Kecamatan Montasik berlangsung di kantor camat setempat. Acara ini dihadiri oleh Camat Montasik, Yuslizar, dan seluruh unsur Muspika Kecamatan Montasik.

Zulkifli dalam sambutannya mengimbau kepada perangkat kecamatan dan seluruh Keuchik (Kepala Desa) untuk menerima mahasiswa KKN dengan baik. Ia berharap agar para mahasiswa diberikan arahan, perlindungan, dan nasihat sehingga proses pengabdian di masyarakat dapat berjalan dengan lancar dan efektif.

“Pengabdian ini adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Kami berharap dukungan penuh dari semua pihak di Kecamatan Montasik,” ujar Zulkifli.

Sebagai simbol penerimaan, Ketua Koordinator Lokasi menyerahkan topi KKN kepada Camat Montasik yang kemudian memasangkannya kepada perwakilan mahasiswa KKN. Zulkifli menegaskan pentingnya kerjasama antara mahasiswa KKN dengan perangkat desa dalam menjalankan program-program yang telah direncanakan.

Setelah penutupan acara, para Keuchik menjemput mahasiswa KKN di kantor camat masing-masing, didampingi oleh dosen pembimbing lapangan, untuk memastikan mahasiswa sampai di desa penempatan dengan aman.

Mahasiswa KKN USK diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dan berharga bagi masyarakat Aceh Besar selama masa pengabdian mereka. Dengan semangat belajar dan mengabdi, mereka siap mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat setempat. (XRQ)

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img