Thursday, May 30, 2024

Masyarakat Gampong Lamdingin Ramaikan Tradisi Buka Bersama di Masjid

NUKILAN.id | Banda Aceh – Semangat kebersamaan dan solidaritas kembali terpancar di Gampong Lamdingin, Kota Banda Aceh, ketika masyarakat setempat berkumpul untuk melaksanakan tradisi buka bersama di Masjid Al-Abrar pada malam 17 Ramadan. Dengan penuh kegembiraan, para jamaah memadati area masjid, membawa hidangan lezat untuk berbagi dengan sesama.

Tradisi buka bersama di Masjid Al-Abrar telah menjadi bagian dari warisan budaya yang dijaga dengan cermat oleh penduduk Gampong Lamdingin selama bertahun-tahun. Setiap tahunnya, pada bulan Ramadan, mereka berkumpul di masjid untuk berbagi kebahagiaan dengan tetangga dan saudara-saudara mereka.

Menurut pantauan Nukilan.id, kegiatan dimulai sejak pukul 17.30 Wib, di mana para pengurus masjid dan pemuda setempat melakukan persiapan, seperti menggelar karpet merah di halaman masjid. Suasana khidmat dan penuh keramahan terasa begitu kental di antara hadirin yang bermacam-macam latar belakangnya.

Saat azan Maghrib berkumandang, semua mata tertuju pada hidangan yang telah disajikan. Mulai dari hidangan khas Aceh seperti Kuah Beulangong hingga hidangan minuman seperti es timun.

Salah seorang penduduk setempat yang telah lama mengikuti tradisi ini, Tarmizi, kepada Nukilan.id menjelaskan bahwa kegiatan buka bersama pada 17 Ramadan di Gampong Lamdingin sudah menjadi tradisi di gampong tersebut.

“Tradisi buka bersama ini adalah momen yang sangat dinantikan bagi kami di Gampong Lamdingin. Ini adalah saat kami bisa berkumpul dengan tetangga, teman untuk berbagi berkah Ramadan,” ujar Tarmizi kepada Nukilan.id pada Kamis, (28/3/2024) sore.

Sementara itu, warga lainnya, Abdul, mengatakan yang terpenting dari kegiatan buka bersama tersebut adalah terjalinnya semangat persaudaraan antar warga Gampong Lamdingin.

“Yang paling penting semangat kebersamaan dan persaudaraan sangat terasa di malam ini. Yang terpenting adalah silaturahmi yang terjalin di antara warga semua,” ungkap Abdul.

Setelah berbuka, kegiatan dilanjutkan dengan salat Maghrib berjamaah di dalam Masjid Al-Abrar.

Tradisi buka bersama di Masjid Al-Abrar menjadi salah satu momentum penting yang memperkuat tali persaudaraan dan kebersamaan di antara masyarakat Gampong Lamdingin. Dengan semangat yang sama, mereka berharap tradisi ini akan terus berlangsung dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari warisan budaya mereka.

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img