Wednesday, August 10, 2022

Mahasiswa KKN Kolaborasi USK dan UNIMAL Gelar Sosialisasi Pencegahan Stunting Sejak Dini di Aceh Tengah

Nukilan.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi dan Reguler Universitas Syiah Kuala (USK) dan Universitas Malikussaleh (UNIMAL) menggelar Sosialisasi Pencegahan Stunting sejak dini pada acara Posyandu yang diadakan oleh kader desa yang bekerja sama dengan Puskesmas Desa Paya Tumpi I Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah, pada Selasa (14/6/2022).

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKN Kolaborasi yaitu Unzir Ziurrakhman, Alif Sibral. AK, Merlita Yuli Safitri, Afifah, Putri Alda Har, Dinda Lestari dan Dinda Desi Kusuma Wardani yang merupakan mahasiswa dari Program studi yang berbeda-beda. Mereka dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Dr. Sofia, S.Si., M.Sc.

Dalam kegiatan di Posyandu, pesertanya ialah bayi/balita, dan ibu hamil. Seluruh peserta melakukan beberapa tahap yaitu pendaftaran pendataan dan pemeriksaan serta penimbangan. Masyarakat yang hadir didata identitas terlebih dahulu kemudian dilakukan pemeriksaan berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Mahasiswa KKN Kolaborasi juga bekerja sama dengan pihak Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan Penyuluhan Tentang Pencegahan Stunting, dari cara menghindari sampai dengan cara pencegahannya.

Setelah melakukan Pendataan dan Pemeriksaan, masyarakat yang mengikuti posyandu diberikan Asupan Gizi tambahan yaitu Sayur bayam, Kangkung, Telur Puyuh, Wortel, Apel, Roti marrie, Tempe dan Tahu untuk dibawa pulang.

Unzir Ziurrakhman selaku ketua KKN mengatakan, pada kegiatan Posyandu yang di adakan rutin sebulan sekali di Desa Paya Tumpi I ini dapat menjembatani kegiatan kelompok mahasiswa KKN yaitu Sosialisasi Pencegahan Stunting sejak dini.

“Kami mahasiswa KKN Kolaborasi yang di tempatkan di desa Paya Tumpi I, sepakat untuk memberikan edukasi tentang Stunting guna masyarakat lebih mempersiapkan diri mencegah stunting,” ucapnya.

Selanjutnya, Dosen Pembimbing lapangan (DPL), Dr. Sofia, S.Si., M.Sc mengatakan kegiatan penyuluhan stunting yang baik dan benar harus terus ditingkatkan guna mencegah penyakit ini di lingkungan masyarakat.[]

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

[td_block_social_counter manual_count_facebook="16985" manual_count_twitter="2458" youtube="#" manual_count_youtube="61453" style="style3 td-social-colored" f_counters_font_family="450" f_network_font_family="450" f_network_font_weight="700" f_btn_font_family="450" f_btn_font_weight="700" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjMwIiwiZGlzcGxheSI6IiJ9fQ==" facebook="nukilan.id" twitter="NukilanID"]

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img