Thursday, May 30, 2024

Lontong, Hidangan Wajib Saat Lebaran: Sentuhan Khas Silaturrahmi di Gampong Sapik

NUKILAN.id | Tapaktuan – Setiap datangnya Hari Raya Idul Fitri, tak lengkap rasanya tanpa kehadiran hidangan khas yang telah menjadi ikon budaya, yakni lontong. Di tengah riuhnya suasana Lebaran, lontong tetap menjadi favorit yang disajikan kepada tamu dan tetangga yang bertandang ke rumah untuk bersilaturahmi.

Di Gampong Sapik, sebuah desa yang terletak di Kabupaten Aceh Selatan, penyajian lontong saat lebaran akhir-akhir ini telah menjadi tradisi. Meskipun tidak semua rumah menyajikannya, namun aroma harum lontong yang menguar dari beberapa rumah telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan Lebaran.

Menurut Azwa, seorang warga Gampong Sapik yang setia dengan tradisi ini, lontong bukan sekadar hidangan biasa. Bagi Azwa, Lebaran tidak akan sempurna tanpa lontong di meja makan.

“Rasanya kurang afdhol jika tidak ada lontong di hari lebaran, biasnya kita hidangkan kepada keluarga dan tetangga,” ungkap Azwa kepada Nukilan.id, Rabu (10/4/2024) sembari tersenyum.

Meskipun tidak semua rumah di Gampong Sapik menyajikan lontong, namun bagi mereka yang melakukannya, hidangan ini menjadi simbol kebersamaan dan kehangatan dalam menjalin silaturahmi di hari yang fitri ini.

Tradisi penyajian lontong pada Hari Raya Idul Fitri di Gampong Sapik tidak hanya tentang kelezatan hidangannya, tetapi juga tentang bagaimana setiap suapan lontong menjadi pengikat kebersamaan dan mempererat tali persaudaraan di antara warga.

Dengan demikian, tidak mengherankan jika lontong tetap menjadi pilihan favorit banyak orang, seperti yang diungkapkan oleh Azwa, yang menjadikannya sebagai menu favoritnya saat Lebaran tiba. Baginya, satu hidangan lontong bisa menghadirkan kenangan manis dan kehangatan dalam setiap perayaan Lebaran.

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img