Sunday, November 27, 2022

Kukuhkan APRI Nagan dan Aceh Barat, Ini Pesan Kakanwil Kemenag

Nukilan.id – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg menyambut baik atas pengukuhan Pengurus Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat masa bakti 2021-2025.

Hal ini disampaikan Kakanwil pada pengukuhan Pengurus APRI kedua kabupaten tersebut, di Aula Kemenag Nagan Raya, Rabu (30/6/2021).

Pengukuhan pengurus APRI ini dilakukan oleh Ketua APRI Provinsi Aceh Drs Erman Jaya MAg.

Iqbal mengapresiasi APRI Provinsi Aceh yang telah mengukuhkan pengurus di beberapa kabupaten/kota paska pengukuhan Maret lalu.

Menurutnya, APRI sebagai organisasi besar dan punya tugas yang berkaitan dengan kepenghuluan serta berhubungan dengan masyarakat harus memiliki semangat dan komitmen dalam memikul tugas yang diemban.

“Dengan kompetensi dan kontribusi yang dimiliki pengurus, maka APRI dapat menjadi organisasi yang bermarwah dan berwibawa,” katanya.

Karena itu, kata Iqbal, sangat besar harapan masyarakat pada pengurus APRI dalam membimbing masyarakat sesuai dengan tupoksi.

Selain itu, ia berpesan APRI harus menjadi wadah untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi penghulu.

“Bangun komunikasi dan koordinasi sehingga apa yang menjadi kebutuhan dan persoalan penghulu barangkali dengan asosiasi ini semua persoalan, semua kebutuhan dapat disampaikan dan dicari solusinya,” ungkapnya.

Iqbal berharap pengurus APRI juga harus menjadi penyampai pesan-pesan ketentraman dan kesejukan, termasuk tentang moderasi beragama.

“Berilah pemahaman dengan benar termasuk soal moderasi agama bagaimana pola pikir keagamaan secara menyeluruh tidak secara parsial. Ketika dipahami secara parsial akan menjadi persoalan, ketika disampaikan menyeluruh dengan dalil-dalil tidak ada persoalan di masyarakat,” katanya.

Ditambahkannya, kita harus menjadi bagian dari penyelesaian atau memberi solusi dalam menangkal berbagai isu hoaks yang semakin merebak dan meresahkan.

“Tentunya APRI dalam tugasnya yang berhubungan dengan kepentingan umat, maka APRI dituntut harus kreatif merespon persoalan-persoalan dalam masyarakat, serta preventif dan solutif terhadap berbagai masalah yang muncul,” jelasnya.

“Jangan justru kita terjebak dan ikut membagikan informasi-informasi yang tidak jelas sumbernya,” katanya.

SK pengukuhan dibacakan Sekretaris APRI Wilayah Aceh Mahfuzh SAg. Hadir pada acara akhir bulan Juni ini, antara lain Sekretaris 2 Fadli SAg dan Bendahara Wilayah Jamhur SHI MA.[]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img