Sunday, July 14, 2024

KONI Aceh Siapkan 803 Atlet untuk PON XXI, Pemusatan Latihan Dilakukan Secara Bertahap

NUKILAN.id | Banda Aceh – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh telah menyiapkan sebanyak 803 atlet untuk berlaga dan meraih prestasi gemilang pada ajang bergengsi, Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan diselenggarakan pada bulan September 2024.

Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi KONI Aceh, Bachtiar Hasan, menyampaikan bahwa persiapan ratusan atlet untuk PON 2024 telah mencapai tahap penting dengan sebagian besar dari mereka telah menjalani pemusatan latihan.

“Dari total 803 atlet yang telah dipersiapkan, mereka berasal dari 66 cabang olahraga. Aceh dan Sumatera Utara akan menjadi tuan rumah bersama dalam gelaran PON yang berlangsung mulai 3 hingga 20 September 2024,” ujar Bachtiar Hasan.

Lebih lanjut, Bachtiar Hasan menjelaskan bahwa pemusatan latihan atlet PON dilakukan secara bertahap mengingat adanya keterbatasan anggaran. Selain itu, pemusatan latihan juga diterapkan dengan sistem sentralisasi dan desentralisasi.

“Pemusatan latihan sentralisasi lebih ditekankan pada cabang olahraga kategori satu atau yang memiliki potensi besar untuk meraih medali pada PON,” ungkap Bachtiar Hasan, yang juga menjabat sebagai Ketua Pelatda KONI Aceh.

Ia menambahkan bahwa cabang olahraga kategori satu telah memulai pemusatan latihan sejak bulan Januari 2024, sementara pemusatan latihan untuk seluruh cabang olahraga dilakukan secara menyeluruh pada bulan Juni 2024.

“Pemusatan latihan ini akan terus berlangsung hingga dimulainya PON. Melibatkan total 169 pelatih dan 35 mekanik dalam mendukung persiapan atlet,” tambah Bachtiar Hasan.

Tak hanya dilaksanakan di Aceh, pemusatan latihan juga dilakukan di luar daerah untuk beberapa cabang olahraga yang memerlukan sarana dan prasarana yang lebih memadai.

“Berdasarkan kebutuhan, beberapa cabang olahraga seperti terbang layang, paralayang, boling, dan lainnya menjalani pemusatan latihan di luar Aceh. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan peralatan dan fasilitas yang mendukung di daerah Aceh,” tutur Bachtiar Hasan.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img