Thursday, May 30, 2024

Jelang Putusan MK, OKP Lintas Iman Dorong Hakim Ambil Keputusan Sesuai Fakta

NUKILAN.id | Jakarta – Sejumlah organisasi kepemudaan lintas iman angkat suara menyikapi dinamika politik dan demokrasi menjelang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil sengketa Pilpres 2024.

Pernyataan sikap itu digelar dalam acara bertajuk “Dialog Jelang Sidang MK: Detik-Detik Akhir Putusan Vonis Prabowo-Gibran” yang diadakan Total Politik di sebuah restoran di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (21/4/2024).

Dilansir dari Youtube resmi Total Politik, @TotalPolitik, terlihat sejumlah organisasi ikut bersuara dalam pernyataan sikap tersebut, seperti PP Pemuda Muhammadiyah, GP Ansor, Pemuda Katolik, GAMKI, Peradah, Gema Budhi, GPII, Gema Mathla’ul Anwar, dan Generasi Muda Konghuchu Indonesia. Mereka menegaskan pentingnya keputusan MK sesuai dengan fakta hukum yang ada di lapangan.

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dzulfikar Ahmad Tawalla, menekankan pentingnya integritas dan independensi MK dalam menjalankan tugasnya. Dzulfikar Ahmad Tawalla mendorong penuh para Hakim MK untuk mengambil keputusan sesuai dengan fakta hukum di lapangan.

“Para hakim adalah penjaga kehormatan hukum di negeri ini, hendaknya para Hakim MK dapat memutuskan perkara sesuai dengan rasa keadilan mayoritas rakyat Indonesia,” ucap Dzulfikar di Jakarta, dikutip oleh Nukilan.id pada Senin (22/4/2024).

Tidak hanya itu, organisasi lintas iman ini juga meminta semua pihak untuk tetap menjaga harmonisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pasca keluarnya putusan MK pada Senin mendatang.

“Kami mengajak semua pihak untuk dapat menahan diri, terus menjaga harmoni sosial dan kemabli rukun bersatu membangun Indonesia maju. Kami juga mendorong para elit politik untuk menahan diri, bersikap sebagai negarawan, dan menyampaikan narasi narasi yang sejuk,” ujarnya.

Berikut ini pernyataan dari OKP Lintas Iman, yang sudah ditandatangani oleh seluruh komponen OKP Lintas Iman:

  • Kami mengucapkan kepada seluruh rakyat indonesia, penyelenggara pemilu, yakni KPU, Bawaslu dan DKPP, aparat TNI, Polri dan semua pihak terkait yg telah mensukseskan pemilu 2024 berjalan dengan lancar, aman, meriah dan demokratis.
  • Kami mendorong penuh para hakim konstitusi untuk mengambil keputusan sesuai dengan fakta hukum di lapangan.
  • Kami mendorong para hakim untuk terus menjaga integritas dan indepedensi dalam memutuskan perkara, para hakim adalah penjaga kehormatan hukum di negeri ini, hendaknya para hakim MK dapat memutuskan perkara sesuai dengan rasa keadilan mayoritas rakyat indonesia.

Pernyataan ini juga menjadi panggilan bagi MK untuk menjaga martabat lembaga peradilan serta menegakkan supremasi hukum dalam menyelesaikan sengketa pilpres yang menjadi perhatian publik.

Selain itu, organisasi kepemudaan lintas iman ini juga menegaskan komitmennya untuk terus mengawal proses demokrasi dengan menjunjung tinggi prinsip keadilan dan kebenaran.

Dalam konteks ketegangan politik yang tengah melanda, sikap tegas dari OKP lintas iman ini diharapkan dapat memberikan arah yang positif bagi stabilitas politik dan kedamaian sosial di tanah air.

Reporter: Akil Rahmatillah

 

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img