Tuesday, June 25, 2024

Jelang PON Aceh-Sumut, Pemain Futsal PON Aceh Jalani Tes Fisik

NUKILAN.id | Banda Aceh – Pemain futsal Aceh yang sedang dipersiapkan untuk berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, menjalani tes fisik di Lapangan Gelanggang Mahasiswa, Darussalam, Banda Aceh, Sabtu (18/5/2024).

Tes tersebut ditangani langsung oleh pelatih fisik, Saiful Imran yang merupakan pelatih fisik nasional dan sudah sering menangani fisik para pemain muda di PPLP maupun tim Liga 2 dan Liga 3 di Indonesia.

Dalam menjalankan tugasnya, Saiful Imran dibantu oleh tim kepelatihan lainnya yaitu Alfi Syahri, Irwandi Mahya, dan Adetama, serta analis tim, Subhan.

Manajer Tim Futsal Aceh, Edi Darman mengatakan, tes fisik itu bertujuan untuk memastikan pemain dalam kondisi optimal dan membantu dalam menilai tingkat kebugaran pemain secara keseluruhan.

“Tes tersebut mengukur kekuatan, daya tahan, kelincahan, kecepatan, dan fleksibilitas pemain untuk memastikan mereka siap secara fisik dalam bertanding. Sehingga kita akan mengetahui kekurangan dan itu nantinya yang akan diperbaiki,” kata Edi Darman.

Dia menambahkan, materi tes fisik untuk pemain futsal Aceh itu meliputi tes daya tahan, kecepatan, kelincahan, fleksibilitas, dan ketahanan otot. Dengan mengacu dari hasil keseluruhan tes fisik tersebut, nantinya tim kepelatihan akan dapat menyusun program latihan yang terukur.

“Kita berharap kondisi fisik pemain dapat terus meningkat dan berada di level maksimal. Sehingga performa mareka di lapangan juga meningkat dan dapat mengurangi risiko cedera,” ungkap Edi Darman.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Futsal Aceh (AFA), Muhammad Zulfri menjelaskan, seusai menjalani tes fisik tersebut, selanjutnya para pemain akan mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) program desentralisasi dan sentralisasi selama lima bulan.

Kepada para pemain, Muhammad Zulfri menekankan, untuk terus mengingkatkan kualitas diri, baik fisik, skill, maupun sisi mental. Selain itu, agar mengikuti dengan serius dan tuntas semua program latihan yang diberikan tim kepelatihan.

“Karena target utama cabor futsal pada PON ini adalah meraih medali. Kami yakin dengan kolaborasi yang baik antara pengurus, manajemen tim, pelatih, dan pemain, serta dengan komitmen yang tinggi, insha Allah Tim Futsal Aceh akan mampu meraih medali seperti yang ditargetkan. Semoga usaha bersama ini akan dimudahkan oleh Allah SWT,” pungkasnya.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img