Tuesday, June 25, 2024

Gempa Tektonik M5,9 Guncang Pantai Barat Simeulue, Tidak Berpotensi Tsunami

NUKILAN.id | Banda Aceh – Sebuah gempa bumi tektonik dengan magnitudo M5,9 mengguncang wilayah Pantai Barat Simeulue, Aceh, pada Selasa (28/5/2024) pukul 18.52 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa episenter gempa ini terletak pada koordinat 2,78° LU dan 95,57° BT, tepatnya di laut, sekitar 95 km barat laut Sinabang-Aceh dengan kedalaman 22 km.

Menurut analisis BMKG, gempa ini merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas subduksi lempeng. Mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki tipe pergerakan naik atau thrust fault.

Gempa ini dirasakan di berbagai daerah dengan intensitas berbeda. Di Nagan Raya, Aceh Barat, dan Simeulue, gempa terasa dengan skala intensitas IV MMI, yang jika terjadi pada siang hari akan dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah. Di Aceh Barat Daya dan Aceh Selatan, gempa dirasakan dengan skala intensitas III MMI, di mana getaran nyata terasa dalam rumah seperti truk yang lewat.

Sementara itu, di Banda Aceh, Aceh Besar, Bireuen, Aceh Tengah, Gayo Lues, dan Bener Meriah, getaran dirasakan dengan skala intensitas II MMI, hanya oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

BMKG memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami berdasarkan hasil pemodelan. Hingga pukul 19.15 WIB, BMKG belum mendeteksi adanya gempa susulan. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak mudah terpancing oleh isu-isu yang tidak bertanggung jawab.

BMKG mengimbau masyarakat untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa dan tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan sebelum kembali masuk ke dalam rumah.

Tetap tenang dan selalu ikuti informasi resmi dari BMKG untuk mendapatkan update terbaru mengenai situasi gempa ini.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img