Saturday, June 22, 2024

APAM: Gubernur Nova Gagal dan Tidak Becus Jaga Keutuhan Aceh

Nukilan.id – Aliansi Pemuda Aceh Menggugat (APAM) menilai Gubernur Aceh, Nova Iriansyah gagal dan tidak becus dalam menjaga keutuhan wilayah Aceh.

Hal itu disampaikan Koordinator Lapangan (Korlap) APAM, Heri Safrijal dalam orasinya pada aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Aceh, Jum’at (10/6/2022).

Menurutnya, Gubernur Aceh tidak konsen untuk mempertahankan keberadaan empat pulau yang diklaim oleh Pemprov Sumut tersebut. Sehing menilai gagalnya kepemimpinan Aceh Hebat Nova Iriansyah.

“Karena itu, hari ini kita mendesak Pemerintah Aceh untuk meminta Kemendagri mencabut kembali hasil keputusan yang telah dibuat agar empat pulau tersebut jatuh kembali ke Provinsi Aceh,” tegas Safrijal dalam orasinya.

Ia menjelaskan, empat pulau di Aceh Singkil diklaim masuk ke dalam wilayah Provinsi Sumut berdasarkan Kepmendagri Nomor 050-145 Tahun 2022.

Disisi lain, Safrijal mengatakan, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah gagal membangun investasi di Aceh, seperti di Kawasan Industri Aceh (KIA) Ladong, Aceh Besar dan rencana investasi dari United Emirates Arab (UEA) untuk pembangunan pariwisata di Pulau Banyak, Aceh Singkil

“Lahan KIA Ladong itu hanya menghabiskan anggaran sia-sia. Ditambah lagi investasi UEA di Aceh Singkil juga gagal,” ujarnya.

Safrijal menilai, Gubernur Aceh selama ini menunjukkan sikap kekuasaannya, bukan sikap kepemimpinan yang mengutamakan kepentingan masyarakat.

“Dan kami juga menduga Nova Iriansyah sengaja menjegal proses pencalonan Wakil Gubernur, sehingga Pemerintah Aceh tidak mampu mewujudkan pencapaiannya,” pungkasnya.

Reporter: Reji

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img