Tol Trans Sumatera Tersambung Penuh Lampung-Aceh pada 2029

Share

NUKILAN.id | Jakarta – Pemerintah berkomitmen untuk merampungkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 2.994 kilometer (km). Proyek ini menjadi salah satu prioritas di era pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto, dengan target selesai pada tahun 2029.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan JTTS akan menjadi proyek prioritas dalam lima tahun ke depan. Nantinya, tol yang menghubungkan Aceh hingga Lampung diharapkan dapat tersambung sepenuhnya.

“Kita harus menyelesaikan lima tahun depan itu nyambung Trans Sumatera. Itu target utama. Kita sudah rekomendasikan keberlanjutan pembangunan infrastruktur PUPR, salah satunya tol, itu harus insyaallah bisa menyambungkan Tol Trans Sumatera,” kata Basuki di Jakarta Selatan, Minggu (6/10/2024).

Menurut Basuki, pembangunan JTTS menyisakan beberapa ruas yang belum tuntas, namun sebagian besar ruas sudah siap diresmikan. Bahkan, sebelum masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berakhir, akan ada sejumlah ruas tol lagi yang akan diresmikan.

“Sejujurnya, hari ini sudah bisa diresmikan yang Tempino-Bayung Lencir di Jambi, sepanjang 23 km. Di Kisaran juga sudah siap. Jadi tinggal beberapa ruas lagi, tapi tidak terlalu banyak,” ujarnya.

Beberapa ruas tol yang akan diresmikan dalam waktu dekat termasuk ruas Tempino-Bayung Lencir di Jambi dan ruas Indrapura-Kisaran di Sumatera Utara. Kedua ruas ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mempercepat konektivitas antarwilayah di Sumatera.

Pembangunan JTTS telah dimulai sejak 2015 dengan target besar yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi. Hingga akhir tahun ini, ditargetkan ada 1.100 kilometer ruas tol yang tersambung.

“Jalan tol ini jadi bagian Trans Sumatera sepanjang 2.994 kilometer, dan kita harapkan sampai akhir tahun tol Sumatera sudah tembus di 1.100 kilometer,” kata Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, pada Selasa (10/9/2024).

Dari total 24 ruas tol yang masuk dalam megaproyek JTTS, ditargetkan proyek ini akan selesai dalam empat tahap. Pada akhir 2024, sekitar 16 ruas tol diproyeksikan selesai, termasuk 14 ruas pada tahap pertama dan dua ruas pada tahap kedua.

Dengan tersambungnya JTTS, konektivitas Sumatera dari Lampung hingga Aceh diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mobilitas masyarakat, serta mempercepat distribusi barang di seluruh wilayah Sumatera. Proyek ini menjadi salah satu bukti nyata komitmen pemerintah dalam membangun infrastruktur demi kemajuan Indonesia.

Editor: Akil

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Read more

Local News