TPPS Kota Banda Aceh Gelar Rakor, Angka Stunting Turun Signifikan

Share

NUKILAN.id | Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh terus memperkuat langkah dalam percepatan penurunan angka stunting. Selasa (24/9/2024), Pj Wali Kota Banda Aceh, Ade Surya, membuka Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) tingkat kota di Aula Mawardi Nurdin. Dalam acara tersebut, Ade menekankan pentingnya kerjasama lintas sektor guna mencapai target yang lebih signifikan dalam menekan angka stunting.

“Saya mengajak seluruh pihak, baik pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, tokoh masyarakat, hingga seluruh elemen warga untuk bersama-sama menuntaskan masalah stunting di Banda Aceh,” ujar Ade.

Data terbaru menunjukkan penurunan prevalensi stunting di Banda Aceh yang cukup signifikan, turun 3,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2022, angka stunting tercatat sebesar 25,1%, sementara pada 2023 turun menjadi 21,7%.

Ade mengapresiasi upaya seluruh pihak yang berperan dalam penurunan angka tersebut. Namun, ia juga menekankan perlunya intervensi yang lebih tajam di tingkat kecamatan agar program-program yang dijalankan bisa tepat sasaran.

“Penajaman intervensi mulai dari penyediaan data kelompok sasaran yang lebih akurat hingga pemantauan berkala sangat penting untuk keberhasilan program ini,” ungkapnya.

Dalam rapat tersebut, Ade menyampaikan tiga poin penting guna menjaga keberlanjutan program TPPS. Pertama, evaluasi program yang sudah berjalan harus dijadikan bahan perbaikan. Kedua, memperkuat koordinasi lintas sektor untuk meningkatkan sinergi antara semua pihak. Ketiga, pentingnya diseminasi informasi yang benar terkait stunting kepada masyarakat.

“Semoga segala upaya ini membuahkan hasil positif bagi kemajuan bangsa, negara, dan khususnya masyarakat Kota Banda Aceh,” harapnya.

Di akhir acara, Pj Wali Kota menyerahkan secara simbolis Alat Peraga Edukatif (APE) berupa BKB Kit Stunting kepada Keuchik Gampong Ateuk Jawo. APE Kit ini merupakan bagian dari program yang telah didistribusikan ke 85 gampong sejak 2022. Pada 2025, lima gampong lainnya akan mendapatkan distribusi serupa.

Upaya ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat serta memperkuat program penurunan stunting di tingkat gampong.

Editor: Akil

Read more

Local News