Friday, September 20, 2024
1

Kumpulan Doa Setelah Shalat 5 Waktu

NUKILAN.id | Banda Aceh – Bagi umat Islam, shalat lima waktu merupakan kewajiban yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, ada momen berharga yang tak kalah penting setelah menyelesaikan shalat, yaitu berdoa. Doa setelah shalat bukan hanya sekadar penutup ibadah, melainkan menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampunan, serta memohon perlindungan dan rahmat.

Seperti yang diketahui, berdoa adalah salah satu bentuk penghambaan manusia kepada Sang Pencipta. Setelah shalat, umat Islam dianjurkan untuk memanjatkan doa, baik doa khusus yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW maupun doa pribadi sesuai keinginan masing-masing.

Berikut ini beberapa bacaan doa yang umum dipanjatkan setelah melaksanakan shalat wajib:

Doa Pertama: Pujian kepada Allah

“Alhamdulillahi rabbil ‘alamin hamdan yuwafi ni’amahu wa yukaafi’u maziidahu yaa rabbana laka al-hamdu kamaa yanbagii lijalaali wajhika wa ‘azhiimi sulthaanik.”

Artinya: Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, dengan pujian yang sesuai dengan nikmat-Nya dan memungkinkan ditambah nikmat-Nya. Wahai Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji, sebagaimana yang patut bagi keagungan-Mu dan kebesaran kekuasaan-Mu.

Doa Shalawat Nabi Muhammad SAW

“Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammadin shalaatan tunjiina bihaa min jami’il ahwaali wal aafaat wa taqdhii lana biha jami’al haajaat wa thuthohhiruna biha min jami’ as-sayyi’aat wa tarfa’una biha ‘indaka a’la ad-darajaat wa tuballiguna biha aqsha al-ghayaat min jami’il khairaati fi al-hayati wa ba’da al-mamaat.”

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu Engkau akan menyelamatkan kami dari segala keadaan menakutkan dan cobaan, mengabulkan hajat, serta menyucikan kami dari segala keburukan. Dengan shalawat itu pula, Engkau akan mengangkat derajat kami dan menyampaikan kami kepada tujuan paling sempurna dalam kebaikan, baik di dunia maupun setelah kematian.

Memohon Keselamatan di Dunia dan Akhirat

“Allahumma inna nas’aluka salaamatan fi ad-diin wa barakatan fi ar-rizqi wa taubatan qabla al-maut wa rahmatan ‘inda al-maut wa maghfiratan ba’da al-maut. Allahumma hawwin ‘alaina fi sakaratil maut wa an-najaata mina an-naar wa al-‘afwa ‘inda al-hisaab.”

Artinya: Ya Allah, kami meminta keselamatan dalam agama, kesehatan jasmani, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum mati, rahmat saat ajal menjemput, dan ampunan setelah mati. Ringankanlah kami ketika sakaratul maut, selamatkan dari siksa neraka, dan berikan pengampunan saat proses hisab.

Doa Mohon Petunjuk dan Kekuatan Iman

“Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wa hab lanaa min ladunka rahmatan innaka anta al-wahhaab.”

Artinya: Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami menyimpang setelah Engkau memberi petunjuk kepada kami. Karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.

Doa Ampunan untuk Diri Sendiri dan Orang Tua

“Rabbanaa igfir lanaa dzunuubanaa wa liwaalidiina wa irhamhumaa kamaa rabbayaani shagiiraa.”

Artinya: Ya Allah, ampunilah dosa kami dan dosa kedua orang tua kami. Sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangi kami ketika kecil.

Memohon Kebaikan Keluarga

“Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyatina qurrata a’yun wa ij’alnaa lil muttaqiina imaamaa.”

Artinya: Ya Tuhan kami, anugerahkan kepada kami istri-istri dan keturunan yang menyejukkan pandangan, serta jadikan kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.

Memohon Kebaikan Dunia dan Akhirat

“Rabbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah wa fil-aakhirati hasanah wa qinaa ‘adzaaban-naar.”

Artinya: Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta jauhkanlah kami dari siksa neraka.

Itulah beberapa doa yang bisa dibaca setelah melaksanakan shalat lima waktu. Dengan meluangkan waktu sejenak untuk berdoa setelah shalat, kita tidak hanya menutup ibadah dengan sempurna, tetapi juga memohon rahmat, ampunan, dan perlindungan dari Allah SWT.

Editor: Akil

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img