BPBD Aceh Besar Salurkan Air Bersih ke 11 Desa di Lhoknga yang Terdampak Kekeringan Parah

Share

NUKILAN.id | Jantho – Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, kini berada dalam status Siaga Darurat akibat kekeringan parah yang melanda wilayah tersebut. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar bersama pihak terkait berupaya keras menyuplai air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga setiap hari.

Ridwan Jamil, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Besar, melalui Operator Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB), Iqbal, menyampaikan bahwa BPBD Aceh Besar baru saja menyalurkan air bersih ke 11 desa yang mengalami kekeringan di Lhoknga.

“Hari ini saja BPBD sudah menyuplai sebanyak 11 mobil atau 49.000 liter air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga,” ujar Iqbal , dikutip dari Serambinews.com, Senin (8/7/2024).

Selain BPBD Aceh Besar, beberapa pihak lain yang turut serta dalam upaya penanggulangan kekeringan ini antara lain PDAM Tirta Mountala, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh, LSM, Brimobda Aceh, serta sejumlah pihak lainnya.

Iqbal juga mengimbau kerja sama warga dalam menghadapi kekeringan ini, termasuk dengan tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Jangan bakar-bakar sembarangan, karena kondisi cuaca seperti ini mudah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” pungkasnya.

Kekeringan yang melanda Kecamatan Lhoknga menambah daftar panjang wilayah-wilayah di Indonesia yang terdampak perubahan iklim dan kurangnya curah hujan. BPBD Aceh Besar terus berupaya memberikan solusi terbaik untuk meringankan beban warga yang terdampak.

Editor: Akil

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Read more

Local News