Tiga Pejabat Eselon Dua Diusulkan Jadi Penjabat Wali Kota Banda Aceh

Share

NUKILAN.id | Banda Aceh – Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh telah mengusulkan tiga nama pejabat eselon dua di Pemerintah Aceh sebagai calon penjabat Wali Kota Banda Aceh. Pengusulan ini dilakukan menyusul rencana penjabat saat ini, Amiruddin, untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, menyatakan bahwa ketiga nama tersebut dipilih melalui rapat pimpinan DPRK bersama para ketua fraksi.

“Nama-nama itu merupakan hasil rapat pimpinan DPRK dengan para ketua fraksi di DPRK Banda Aceh,” ujar Farid pada Jumat, 7 Juni 2024.

Adapun tiga pejabat yang diusulkan adalah M Diwarsyah, Ade Surya, dan Al Muniza Kamal. M Diwarsyah saat ini menjabat sebagai Kepala Sekretariat Lembaga Wali Nanggroe Aceh. Sementara itu, Ade Surya adalah Kepala Dinas Pengairan Aceh, dan Al Muniza Kamal merupakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Ketiga nama tersebut akan diajukan kepada Menteri Dalam Negeri untuk ditetapkan sebagai penjabat Wali Kota Banda Aceh. Pengajuan ini dilakukan untuk memastikan kepemimpinan yang berkelanjutan di Banda Aceh, terutama menjelang Pemilu Serentak 2024.

Amiruddin, yang saat ini menjabat sebagai penjabat Wali Kota Banda Aceh, ditunjuk menggantikan penjabat sebelumnya, Bakri Siddiq, pada Juli 2023. Pelantikan Amiruddin dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-1387 Tahun 2023, bersamaan dengan pelantikan Mahyuzar sebagai penjabat Bupati Aceh Utara. Dalam pelantikannya, Amiruddin bersumpah untuk memimpin Banda Aceh selama masa transisi menuju Pemilu Serentak 2024.

Rencana Amiruddin untuk maju pada Pilkada Pidie dan Pilkada Banda Aceh 2024 mendorong DPRK Banda Aceh untuk segera mengusulkan calon penjabat baru. Hal ini diharapkan dapat memastikan kelancaran roda pemerintahan di Banda Aceh tanpa adanya kekosongan kepemimpinan.

Dengan pengusulan tiga nama ini, diharapkan Banda Aceh dapat terus berjalan stabil dalam menghadapi berbagai tantangan hingga terpilihnya wali kota definitif pada Pilkada mendatang.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Read more

Local News