Thursday, September 19, 2024
1

Duta GenRe Aceh Edukasi Remaja PPKS di Rumoh Sejahtera Jroeh Naguna Dinsos Aceh

NUKILAN.id | Banda Aceh – Sejumlah personel Duta Generasi Berencana (GenRe) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh siap memberikan edukasi kepada para remaja binaan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di UPTD Rumoh Sejahtera Jroeh Naguna (RSJN) Dinas Sosial Aceh. Kedatangan Duta GenRe ini disambut langsung oleh Kepala Dinas Sosial Aceh, Dr. Muslem, yang didampingi oleh Kabid Rehabilitasi Sosial, Isnandar, dan Pejabat Eselon di UPTD pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Ketua Forum GenRe, Derli, menjelaskan bahwa Program GenRe atau Duta Generasi Berencana memegang peran penting sebagai Public Relation (PR) program Keluarga Berencana (KB). Tugas utama mereka adalah mensosialisasikan berbagai program yang digagas oleh pemerintah melalui BKKBN.

“Langkah ini mencakup berbagai aspek luas dan salah satunya berkesinambungan dengan program yang ada di Dinas Sosial. Sasaran utama kami adalah remaja dan anak-anak,” ujar Derli.

Dalam program edukasi ini, terdapat tiga modul utama yang akan menjadi fokus sosialisasi. Modul pertama adalah “Ini Genting” yang membahas tentang Anemia, Gizi, dan Stunting. Modul kedua, “Tentang Kita,” mencakup Kesehatan Reproduksi Remaja, keterampilan hidup (life skill), gender, perencanaan masa depan, dan penyiapan kehidupan berkeluarga. Modul terakhir adalah “Upgrade Tentang Kita,” yang merupakan peningkatan dari modul kedua.

“Edukasi ini akan dimulai dengan observasi untuk memahami latar belakang masalah yang dihadapi para peserta. Setelah itu, baru ditentukan penanganan apa yang akan dilakukan secara berkelanjutan,” tambah Derli.

Derli juga menekankan pentingnya peran Duta GenRe dalam penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. “Sebagai energi masa depan, remaja memerlukan pembinaan dan penguatan kapasitas agar siap menghadapi tantangan zaman sekaligus mampu membangun keluarga berkualitas di masa mendatang,” tutupnya.

Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para remaja binaan PPKS, membantu mereka mempersiapkan diri menghadapi masa depan dengan lebih baik serta menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img