Saturday, October 1, 2022

8 Kuliner Aceh yang Wajib Dicicipi Pelancong

Nukilan.id – Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang diberi status sebagai daerah istimewa dan juga diberi kewenangan otonomi khusus. Terletak di ujung utara pulau Sumatera, daerah yang kerap dijuluki ‘Serambi Mekah’ ini memiliki banyak varian kuliner kaya rempah dan rasa.

Sebagai rekomendasi, berikut 8 kuliner Aceh yang bisa dicicipi saat berkunjung ke Tanah Rencong ini:

1. Pisang Sale

Pisang Sale terbuat dari pisang yang dibaluri gula tebu, kemudian diasap seperti ikan salai. Sudah ada sejak dahulu kala, Pisang Salai digemari banyak orang berkat rasa manisnya yang khas.

2. Kembang Loyang

Jajanan khas Aceh ini berbentuk menyerupai bunga atau kembang, dan terbuat dari campuran tepung beras dan wijen. Bercita rasa manis gurih, Kembang Loyang umum disajikan saat Hari Raya Idul Fitri.

3. Keukarah

Keukarah atau Kue Karah termasuk jajanan populer di kalangan masyarakat Aceh. Kue ini terbuat dari tepung beras yang dibentuk menyerupai bongkahan bihun kering. Bercita rasa manis dan renyah, Keukarah kerap disajikan dalam acara tradisional masyarakat Aceh, terutama Aceh Barat.

4. Lepat

Lepat merupakan jajanan khas Aceh yang dibungkus menggunakan daun pisang. Terbuat dari tepung ketan, irisan gula, dan kepala parut oseng, Lepat umum disajikan ketika acara perayaan-perayaan masyarakat Gayo.

5. Dodoi Teupong

Dodol khas Aceh ini memiliki rasa manis, legit, dan enak. Masyarakat Aceh kerap menjadikan Dodoi Teupong sebagai kue hantaran pengantin.

6. Bu Gring

Jajajan khas Aceh satu ini terbuat dari nasi yang dijemur sampai kering, kemudian digoreng. Usai digoreng nasi dicampur dengan gula karamel dan dimasukkan ke cetakan.

7. Kue Timpan

Kue Timpan merupakan jajanan khas asal Nanggroe Aceh Darussalam. Kue manis ini terbuat dari tepung ketan yang diberi isian nangka dan kelapa muda parut. Di Aceh, kue timpan umum ditemukan dalam acara-acara resmi maupun non resmi.

8. Mi Aceh

Mi Aceh sudah banyak dijual di berbagai daerah di Indonesia. Bercita rasa kenyal dan kaya rempah, Mi Aceh tersedia dalam dua varian sajian: kuah dan goreng. Dan bisa ditambahkan berbagai topping, mulai telur, daging, kepiting, seafood, dan lain-lain. [Kompas]

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img