HomeAktualNasionalUniversitas Pertamina Buka Beasiswa, Gratis SPP, Uang Saku, dan Peluang Kerja

Universitas Pertamina Buka Beasiswa, Gratis SPP, Uang Saku, dan Peluang Kerja

Nukilan.id – Universitas Pertamina memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berada di daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal).

Dana yang dialokasikan untuk beasiswa ini sebesar Rp 1,4 miliar, dalam bentuk beasiswa yang diberi nama “Beasiswa Ujung Negeri”.

Gratis uang gedung dan SPP

Informasi yang diperoleh dari Pjs. SVP Corporate Communications & Investor Relation PT Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, beasiswa diberikan berupa pembebasan uang gedung dan uang SPP sepenuhnya selama masa pendidikan delapan semester.

Selain itu, peserta yang terpilih juga akan mendapatkan uang saku bulanan, penggantian transport ke Jakarta, dan biaya premi asuransi kecelakaan.

Secara terpisah, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertaminan Budi W. Soetjipto Ph.D menjelaskan, selama menempuh pendidikan, penerima beasiswa akan ditanamkan enam nilai universitas, salah satunya socially responsible.

“Melalui Beasiswa Ujung Negeri, diharapkan para lulusan akan kembali ke wilayah asal untuk mendukung pembangunan daerah,” ujar Budi dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (30/5/2021).

Magang di Pertamina grup

Sementara itu, mahasiswa penerima beasiswa juga akan mendapatkan akses magang dan kerja praktik di industri, termasuk di Pertamina grup.

Dituliskan bahwa terdapat kesempatan untuk berkarir di Pertamina grup bagi lulusan terbaik, sesuai syarat dan aturan yang berlaku di Pertamina.

Pendaftaran seleksi

Beasiswa Ujung Negeri tahun akademik 2021/2022 terbuka bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2021 dan 2020 yang lulus pada jalur Seleksi Nilai Rapor (SNR) Universitas Pertamina periode 5.

Seleksi tersebut merupakan seleksi tanpa tes.

Pendaftaran beasiswa masih dibuka hingga 21 Juni 2021, melalui laman https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran.

Peserta seleksi diwajibkan menyusun karya tulis bertama “Kontribusi Saya kepada Daerah Asal setelah Lulus dari Universitas Pertamina”.

Melansir situs resmi, terdapat biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000 untuk kelompok IPA/IPS dan Rp 200.000 untuk kelompok IPC.

Syarat

Terdapat beberapa persyaratan dan ketentuan SNR Universitas Pertamina Tahun 2021/2022, sebagai berikut.

Peserta merupakan siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2020 dan 2021, serta memiliki nilai rapor semester 1-5.

Peserta tidak buta warna untuk beberapa program studi yang mempersyaratkan bebas buta warna.

Peserta menginput nilai rapor dan mengunggah scan dokumen nilai rapor semester 1-5 saat pengisian data diri sesuai jadwal yang ditentukan.

Pengisian data diri pada 5 Mei-22 Juni 2021, dengan login melalui laman https://pendaftaran.universitaspertamina.ac.id/, menggunakan nomor pendaftaran dan password yang diterima melalui email konfirmasi pembayaran.

Peserta yang tidak melakukan pengisian data diri dianggap mengundurkan diri dari seleksi.

Pilihan kelompok ujian disesuaikan dengan pilihan program studi yang dituju.

Peserta dapat memilih empat program studi yang ada di Universitas Pertamina berdasarkan kelompok ujian yang dipilih.

Peserta yang dapat mengikuti seleksi merupakan peserta yang telah melakukan pendaftaran dan pembayaran biaya pendaftaran.

Untuk diketahui, lokasi ujian hanya tersedia Kota Jakarta (default) karena seleksi dilaksanakan secara online.

Namun, peserta tidak perlu datang ke Jakarta dan tak perlu mengikuti tes tertulis apapun.

Dokumen

Berkas persyaratan SNR Universitas Pertamina Tahun 2021/2022 sebagai berikut.

Soft-file pas foto formal berlatar belakang merah atau biru dengan ukuran kurang dari 200Kb dan falam format jpg, jpeg atau png.

Kartu Keluarga

Ijazah (bagi lulusan tahun 2020)

Soft-file scan nilai rapor semester 1-5 dalam format pdf dan dibuat dalam satu file (tidak terpisah-pisah per semester) dengan ukuran kurang dari 2MB.
Berkas nilai rapor harap dapat dibaca dengan jelas untuk memudahkan proses verifikasi berkas. Nilai Rapor yang diinput adalah nilai aspek “Pengetahuan” atau “Kognitif” dan Kelompok “Wajib”.

Slip gaji kedua orangtua dalam bentuk PDF dengan ukuran maksimal 2 MB. Jika tidak memiliki slip gaji dapat mengunduh Surat Keterangan Penghasilan di sini.

Sementara itu, mata pelajaran yang diperhitungkan dalam seleksi antara lain

Kelompok IPA meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika dan Kimia.

Kelompok IPS meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi dan Sosiologi.

Kelompok IPC meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Sosiologi.

Cara pendaftaran

Berikut cara pendaftarannya:

1. Melakukan pendaftaran pada laman https://pendaftaran.universitaspertamina.ac.id/

2. Mengisi kelengkapan data pendaftaran

3. Peserta akan menerima email Konfirmasi Pendaftaran, di mana di dalamnya terdapat nomor pendaftaran dan nomor Virtual Account (BNI VA) pembayaran

4. Melakukan pembayaran ke nomor Virtual Account (BNI VA) tersebut, melalui transfer via ATM, mobile/internet banking atau pembayaran langsung di teller bank

5. Setelah melakukan pembayaran, peserta akan menerima email Kuitansi Pembelian Nomor Pendaftaran atau Konfirmasi Pembayaran, di mana di dalamnya terdapat nomor pendaftaran dan password

6. Gunakan nomor pendaftaran dan password tersebut untuk LOGIN pada laman https://pendaftaran.universitaspertamina.ac.id/

7. Lalu isi data diri dengan lengkap, benar dan jelas, termasuk input nilai rapor dan unggah scan dokumen Nilai Rapor Semester 1-5. Masa atau periode pengisian data diri dan input nilai adalah tanggal 05 Mei – 22 Juni 2021. Peserta yang tidak melakukan pengisian data diri akan dianggap mengundurkan diri dari seleksi

8. Unduh dan cetak kartu peserta dan simpan hingga ada pengumuman hasil seleksi. Peserta tidak perlu mengikuti tes tertulis dan tidak perlu datang ke Kota Jakarta.

Informasi lengkapnya dapat diakses di sini.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img