Sunday, November 27, 2022

UIN Ar-Raniry Terima 1.116 Mahasiswa Jalur SPAN PTKIN

Nukilan.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh akan menerima sebanyak 1.116 mahasiswa baru program sarjana Tahun Akademik 2022/2023 melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN).

“Untuk jalur SPAN kita akan menerima 30 % dari total daya tampung tahun ini. Tahun 2022 ini kita akan terima 1.116 orang,”kata Kepala Bagian Akademik Biro AAKK UIN Ar-Raniry, Fadhli SAg MPd dalam keterangan tertulis, Selasa (8/3/2022) di Banda Aceh.

Lebih lanjut, Fadhli menjelaskan bahwa di Provinsi Aceh terdapat 481 sekolah MA/SMA/SMK dari 532 sekolah yang terdaftar telah melakukan finalisasi.

Sementara secara nasional, kata Fadhli ada 10.927 sekolah dari 12.590 sekolah atau sekitar 80,79 % yang terdiri dari MA, SMA, Pendidikan Diniyah Formal dan SMK yang telah melakukan finalisasi.

“Siswa yang akan ikut SPAN PTKIN secara nasional berjumlah 1.379.909 orang dan sebanyak 9.053 diantaranya telah menentukan ke kampus PTKIN terhitung per pukul 15.05 wib hari ini,” kata Fadhli.

Sementara untuk pendaftaran SPAN, siswa dapat memilih program studi sampai dengan 31 Maret 2022. Informasi penerimaan mahasiswa baru jalur SPAN dapat dilihat di laman website https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/informasi/spanptkin.

Untuk diketahui, khusus pendaftaran jalur SNMPTN sudah berakhir masa pendaftaran prodi sejak tanggal 28 Februari 2022 lalu.

“Untuk jalur SNMPTN yang memilih UIN Ar-Raniry Banda Aceh sebanyak 1.117 orang dan untuk daya tampung sebanyak 432 orang,”kata Fadhli.

UIN Sosialisasi PMB di Kota Subulussalam

UIN Ar-Raniry Banda Aceh kembali melakukan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2022/2023.

Kali ini tim sosialisasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh dibawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan melakukan sosialisasi bagi siswa kelas XII SMA/MA di Kota Subulussalam. Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 7-10 Maret 2022.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr H Gunawan MA PhD menjelaskan bahwa pada tahun ini UIN Ar-Raniry membuka pendaftaran calon mahasiswa baru sebagaimana biasanya, yaitu melalui lima jalur baik nasional maupun lokal.

Kelima jalur pendaftaran tersebut yaitu melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan dalam hal ini kepanitiaannya dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selanjutnya, dibawah Kementerian Agama melalui jalur seleksi SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) dan UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

Sementara pendaftaran terakhir melalui jalur PMB Lokal yang dibuka oleh UIN Ar-Raniry Banda Aceh mulai tanggal 24 Mei hingga 6 Juli 2022.

“Bahkan untuk saat ini untuk beberapa jalur masuk UIN Ar-Raniry Banda Aceh sedang berlangsung,” kata Gunawan disela-sela kegiatan sosialisasi di Aula Kankemenag Kota Subulussalam, Selasa (8/3/2022).

Untuk presentase kuota seleksi tahun 2022, kata Gunawan untuk jalur SPAN dan SNMPTN 30 %, UMPTKIN dan SBMPTN 40 % dan jalur terakhir PMB Lokal 30 %.[]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img