Tuesday, June 25, 2024

Tingkatkan Kreativitas Seni Melalui Batik Jumputan, Mahasiswa PPG Gelar Kegiatan Inspiratif di Panti Al-Misbah

NUKILAN.id | Banda Aceh – Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang 1 tahun 2023 dari Universitas Syiah Kuala (USK) menggelar kegiatan inspiratif bertema “Melatih Kreativitas Seni Melalui Batik Jumputan”.

Kegiatan yang berlangsung di Panti Yayasan Al-Misbah, Gampong Pande, Kecamatan Kuta Raja, Kota Banda Aceh, pada Sabtu, (11/5/2024) lalu.

Kegiatan ini menjadi bagian dari projek kepemimpinan mahasiswa PPG, yang bertujuan untuk memberdayakan kreativitas siswa-siswi di SMA Al-Misbah.

Salah satu mahasiswa PPG, Sela Safitri, mengatakan acara tersebut berlangsung dari pukul 9.30 hingga 11.30. Para siswa-siswi SMA Al-Misbah diajak untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui teknik batik jumputan. Dibantu oleh para mahasiswa PPG, mereka belajar langkah demi langkah dalam menciptakan karya seni yang unik dan bernilai.

“Kami berharap kegiatan ini dapat membangkitkan semangat dan bakat seni siswa-siswi Al-Misbah,” ungkap Sela kepada Nukilan.id, Selasa, (14/5/2024) melalui sambungan telepon.

Menurut Sela, batik jumputan dipilih karena dapat merangsang imajinasi dan kreativitas siswa. Ia mengatakan dengan teknik pembuatan yang mudah sehingga memberikan kekebasan siswa-siswi untuk mengekspresikan keterampilannya.

“Melalui teknik ini, mereka dapat mengekspresikan diri secara bebas, sambil mengasah keterampilan seni mereka,” tambahnya.

Tidak hanya siswa-siswi, kegiatan ini juga dihadiri oleh pimpinan Panti Yayasan Al-Misbah, Kepala Sekolah SMA Al-Misbah, para guru serta dosen pembimbing PPG.

Dengan semangat kolaboratif antara mahasiswa PPG, siswa-siswi, pengurus panti, dan dosen pembimbing, kegiatan ini berhasil menciptakan suasana belajar yang inspiratif dan memberikan ruang bagi perkembangan potensi seni yang tak terbatas.

Diharapkan, upaya semacam ini dapat menjadi contoh bagi lembaga pendidikan lainnya dalam menjalankan pendekatan inovatif dalam pembelajaran.

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img