Tuesday, July 23, 2024

Pesantren Teknologi MSBS Luncurkan Kartu Digital Santri, Hubungkan Santri dan Orang Tua Secara Real-Time

NUKILAN.id | Jantho – Pesantren Teknologi MSBS Jantho kembali menunjukkan inovasinya dengan meluncurkan Kartu Digital Santri (MSBS Cards). Sistem digital ini dirancang untuk menghubungkan santri dengan wali mereka secara real-time. Peluncuran MSBS Cards berlangsung pada Kamis (13/6/2024) di Aula Mesjid Jami MSBS, dan diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Aceh, Martunis, S.T., D.E.A.

Tujuan dari peluncuran MSBS Cards adalah untuk mengkampanyekan digitalisasi di lingkungan pesantren, baik di kalangan santri maupun masyarakat sekitar. Kadisdik Aceh, Martunis, S.T., D.E.A., menyambut baik inovasi ini dan bahkan berencana mengirim tim programmer untuk mempelajari konsep tersebut agar bisa diterapkan di seluruh sekolah di Aceh.

“Hari ini kami sangat bangga berada di Pesantren Teknologi MSBS yang menjadi pionir digitalisasi di pesantren. Dari MSBS ini, kami akan mencari inspirasi yang dapat ditularkan ke delapan ratus dua puluh satu satuan pendidikan di Aceh. Dinas Pendidikan berkomitmen menggabungkan 5 pentahelix, yakni siswa, guru, orang tua, sekolah, dan komunitas, yang memiliki visi yang sama dengan Pesantren Teknologi MSBS untuk memajukan pendidikan di Aceh,” ungkap Martunis.

Pimpinan Pesantren Teknologi MSBS, Abi Gunawan Indra H, M.A., menjelaskan bahwa MSBS Cards hadir sebagai jawaban atas masukan dan keluhan para wali santri selama ini. Menurutnya, banyak wali yang ingin mengetahui rutinitas santri di pesantren secara real-time, mulai dari aktivitas belajar, prestasi, kehadiran dalam kegiatan, hingga penggunaan keuangan untuk transaksi digital santri.

“Inisiasi kami menghadirkan MSBS Cards adalah untuk memenuhi permintaan wali santri. Satu kartu untuk setiap santri akan mengakumulasi seluruh kegiatan santri, yang dapat dipantau secara langsung oleh wali dari kampung halaman melalui aplikasi. Dengan penggunaan MSBS Cards ini, Alhamdulillah orang tua sudah terkoneksi dengan anaknya,” jelas Abi Gunawan.

Sebagai informasi, Pesantren Teknologi MSBS Jantho adalah satu-satunya Pesantren Teknologi di Aceh dan telah meraih predikat sebagai Pesantren Unggulan nomor 1 tingkat provinsi Aceh tahun 2023 yang dinobatkan oleh Bank Indonesia (BI) di ajang FESyar. MSBS juga dinobatkan sebagai Pesantren terbaik ketiga di regional Sumatera tahun lalu. Prestasi ini diraih karena MSBS telah menjadi pelopor dalam melahirkan lulusan berkualitas untuk dunia kerja dan berkontribusi dalam memajukan perekonomian Aceh melalui inovasi dan digitalisasi.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img