Thursday, September 29, 2022

Pengamat Ekonomi: Investor Penting untuk Kurangi Pengangguran di Aceh

Nukilan.id – Pengamat Ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala (USK), Dr. Amri, SE, MSi mengatakan keberadaan investor sangat penting untuk mengurangi tingkat pengangguran di Aceh.

“Seperti BRI, BRI Syariah, MANDIRI, MANDIRI Syariah, BNI dan BNI Syariah itu adalah investor yang harus dijaga, namun sekarang mereka telah hengkang. Akhirnya sekarang ini kita kehilangan investor, maka terjadi pengangguran yang banyak di Aceh. Yang perlu diketahui bahwa ke 6 bank ini adalah investor terbesar di Aceh” kata Dr. Amri.

“Seperti BRI sudah menyentuh perekonomian masyarakat 6495 desa 285 kecamatan 23 Kabupaten/Kota dan BRI sudah hadir ada sebelum indonesia merdeka, jadi jelas ini bank ini sudah sangat matang,” sambung Mantan sekretaris Magester manajend (MM) program Pasca Sarjana USK itu.

Menurutnya, dengan adanya investor, maka pertumbuhan ekonomi meningkat, kemiskinan akan menurun, dan pemerataan ekonomi tercapai dengan baik, dan Investor adalah orang yang yang memiliki modal yang melakukan aktivitas ekonomi dan bisnis dia aceh

“Kalau sekarang, di Aceh tingkat kemiskinan tinggi, pengguran banyak, pemerataan ekonomi tidak terjadi dan pertumbuhan ekonomi buruk, semua ini akibat investor tidak ada di Aceh,” tegas Dr. Amri.

“Investor adalah orang yang membawa uang kesebuah daerah, contohnya seperti orang kaya yang bawa pulang uang banyak, kemudian mereka membuka usaha yang dapat menampung banyak pekerja,” tambahnya.

Selain itu, kata Dr. Amri, kurangnya investor di Aceh juga berdampak terhadap lapangan pekerjaan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi.

“Karena sekarang banyak mahasiswa yang lulus tidak ada lapangan pekerjaan akibat berkurangnya investor di Aceh, dan ini sangat disayangkan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Dr. Amri berharap, Pemerintah Aceh mampu mengoptimalkan peran investasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan juga harus berhati-hati dalam mengambil suatu keputusan.

“Sebenarnya tidak ada Provinsi yang miskin, tetapi yang ada Provinsi Salah Urus Kebijakan/policy yang memiskin rakyat,” ujarnya.

Dr. Amri juga mengajak “Ayo bangun nusantara dari pintu barat Indonesia Aceh sejahtera indonesia maju/developed country”.

Reporter: Hadiansyah

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img