Saturday, May 25, 2024

Pembayaran Tiket Museum Tsunami Aceh Kini Bisa Pakai QRIS

NUKILAN.id | Banda Aceh – Kabar gembira bagi para pengunjung Museum Tsunami Aceh! Kini, pembelian tiket masuk museum dapat dilakukan dengan mudah dan praktis menggunakan QRIS. Uji coba implementasi QRIS di Museum Tsunami ini merupakan hasil kolaborasi antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Aceh, Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA), dan Bank Aceh Syariah (BAS).

“Implementasi QRIS di Museum Tsunami merupakan komitmen bersama untuk mempercepat digitalisasi di sektor pendapatan daerah,” ujar Rachmat Ryanto, Kepala Tim Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran KPwBI Provinsi Aceh kepada Nukilan, Jum’at (5/4/2024).

Sebelumnya, di tahun 2023, beberapa sektor di Aceh telah menerapkan pembayaran retribusi/pajak secara non tunai, salah satunya adalah Dinas Perhubungan Aceh di pintu masuk Pelabuhan Ulee Lheue.

Di tahun 2024, 5 Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) lainnya ditargetkan menerapkan sistem pembayaran non tunai, yaitu Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Museum Tsunami menjadi UPTD Disbudpar Aceh pertama yang menerapkan QRIS sebagai metode pembayaran tiket masuk. Uji coba ini sukses dilakukan dan penggunaan QRIS ditargetkan dapat diimplementasikan dengan lancar di musim libur lebaran 2024.

“Hal ini dilakukan untuk menjaga momentum ramainya masyarakat yang mengunjungi Museum Tsunami di musim libur lebaran,” kata Rachmat.

Selain mempermudah pembelian tiket masuk, Museum Tsunami juga bersiap menyambut musim libur lebaran dengan menggelar pameran baru mengenai gajah. Gajah memiliki peran penting saat Tsunami Aceh, membantu membersihkan area setelah tragedi tsunami.

Seluruh persiapan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Aceh dalam menyambut tamu Pekan Olah Raga Nasional (PON) pada bulan September nanti. Kedepannya, masyarakat dari luar daerah Aceh yang terbiasa menggunakan pembayaran non tunai akan terfasilitasi dengan baik di Provinsi Aceh.

“Kedepannya, penggunaan QRIS diharapkan tidak hanya digunakan pada pembelian tiket masuk, tapi juga dapat diimplementasikan di sektor penerimaan lainnya di kawasan Museum Tsunami seperti penerimaan dari Parkir, dan penjualan souvenir,” ujar Rachmat.

KPwBI Provinsi Aceh juga siap mendukung implementasi QRIS dengan berbagai program promosi bagi masyarakat yang membeli tiket masuk menggunakan QRIS.

Reporter: Rezi

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img