Tuesday, April 23, 2024

Melawan Takdir: Ivan Penjual Koran dengan Semangat Berjualan dan Mengajar Gitar

Nukilan.id – Ivan berseru sambil mengendarai motor yang dimodifikasi menjadi roda tiga. Motor inilah yang menemani Ivan berjualan koran. Terbatasnya anggota gerak tubuhnya, dulu menyulitkan Ivan untuk berkeliling menjajakan koran. Kini motor ini lah yang jadi teman hidup Ivan mencari pundi-pundi nafkah guna melanjutkan hidup.

Ivan, seorang laki-laki sebatang kara berusia 51 tahun, tinggal di Jalan Cipinang, Kebembem, Jakarta Timur. Meskipun lahir dengan kondisi sehat, namun penyakit polio menyerangnya sejak usia 5 tahun, membuatnya harus menghadapi keterbatasan dalam gerak tubuh.

“Tetapi sampai sekarang kaki-kaki belum,” cerita Ivan, menggambarkan perjuangan hidupnya.
Namun, keterbatasan fisik tidak membuat Ivan menyerah pada takdir. Sejak tahun 1998, Ivan memilih berjualan koran sebagai sumber penghasilan utamanya.

Meskipun dulunya pekerjaan ini cukup menguntungkan, perkembangan teknologi dan media sosial mengurangi pelanggan setianya. Hingga pada tahun 2019, Ivan hanya memiliki 3 pelanggan yang tersisa.

Namun, Ivan tidak menyerah. Dengan semangat dan cintanya pada musik, Ivan membuka jasa kursus gitar. Meskipun memiliki keterbatasan gerak, musik menjadi cara Ivan untuk merasa bebas dan melepas beban hidup. Ia pernah menjalani sekolah musik dari tahun 2014 hingga 2019.

Pada tahun 2021, Ivan memulai memberikan jasa kursus gitar. Ia mempromosikan usahanya dengan memasang banner di daerah pemukiman dekat tempat tinggalnya. Meskipun belum banyak yang berminat, Ivan terus bersemangat dan memiliki harapan besar.

Ivan berharap agar di masa depan, seniman, khususnya seniman disabilitas seperti dirinya, bisa mendapatkan pengakuan di masyarakat. Melalui musik, Ivan berharap hidupnya dapat terus berjalan.

Kisah perjuangan Ivan menginspirasi kita untuk bersyukur dan menjalani hidup dengan semangat. Mari berpartisipasi dalam mengurangi beban Ivan dengan donasi melalui berbuatbaik.id.

Setiap donasi akan langsung diteruskan 100% tanpa potongan biaya apapun. Mari bersama-sama berbuat baik dan menyebar kebaikan kepada sesama. #sahabatbaik #berbuatbaik. [CNBCIndonesia]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img