Saturday, May 25, 2024

Manfaat Menanam Pohon di Sekitar Rumah untuk Kesehatan dan Lingkungan

Nukilan.id – Semakin banyak orang menyadari pentingnya menanam pohon sebagai upaya untuk mengurangi polusi udara dan menjaga kelestarian lingkungan.

Meskipun kegiatan menanam pohon biasanya dilakukan di hutan, namun, menanam pohon di sekitar rumah juga memiliki berbagai manfaat yang tidak kalah penting.

Menanam pohon di sekitar rumah tidak hanya meningkatkan keindahan pekarangan, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan fisik dan mental. Berikut adalah beberapa manfaat menanam pohon di sekitar rumah:

Menyejukkan Rumah saat Musim Panas

Menanam pohon di sekitar rumah dapat memberikan sensasi sejuk dan teduh secara alami. Pohon berfungsi sebagai penghalang sinar matahari berlebih dan panas, mengurangi kebutuhan penggunaan AC selama musim panas. Pohon yang tinggi juga dapat melindungi unit AC, meningkatkan efisiensi kerjanya, dan mengurangi biaya AC hingga 15-50 persen per tahun.

Meredam Kebisingan

Pohon juga dapat berperan sebagai penghalan suara alami, membantu meredam kebisingan dari lingkungan sekitar, seperti jalan raya yang ramai. Hal ini menciptakan suasana rumah yang lebih tenang dan damai, memungkinkan penghuni untuk menikmati pekarangan tanpa gangguan kebisingan.

Membersihkan Udara

Pohon memiliki peran penting dalam membersihkan udara dengan menyerap gas polutan seperti nitrogen oksida, ozon, amonia, dan sulfur dioksida. Mereka juga dapat menyerap bau dan bertindak sebagai penyaring, memberikan udara yang lebih bersih dan sehat untuk pernapasan.

Meningkatkan Fungsi Kognitif dan Kesehatan Mental
Penelitian menunjukkan bahwa berada di dekat alam, termasuk pepohonan, dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan mental. Manfaat ini tampaknya lebih signifikan pada anak-anak dan dapat mengurangi gejala ADHD. Menanam pohon di sekitar rumah memberikan akses mudah untuk meraih manfaat ini tanpa harus pergi jauh ke hutan.

Mencegah Banjir

Pohon dapat membantu mencegah banjir dengan membentuk penghalang alami dan menyerap jumlah air yang signifikan. Ini merupakan langkah efektif untuk melindungi rumah dari dampak banjir yang merugikan secara ekonomi.

Dengan manfaat yang begitu banyak, menanam pohon di sekitar rumah menjadi pilihan yang tidak hanya berdampak positif pada lingkungan tetapi juga meningkatkan kesejahteraan penghuninya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan menanam pohon di pekarangan rumah sebagai investasi jangka panjang bagi kesehatan dan lingkungan. [Rjf]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img