Tuesday, July 23, 2024

Maju Sebagai Calon Bupati, Berikut Kans Kemenangan Safaruddin di Pilkada Abdya 2024

NUKILAN.id | Blangpidie – Persiapan politik menjelang Pilkada Abdya 2024 semakin memanas dengan munculnya Safaruddin, kader Partai Gerindra yang semakin diperhitungkan dalam kancah politik lokal. Dikenal sebagai salah satu politisi muda yang berprestasi, Safaruddin kembali mengukir prestasi dengan meraih suara tertinggi dalam Pemilu Februari 2024 untuk DPR Aceh dari Dapil 9.

Dari penelusuran digital oleh Nukilan.id, pada Pemilu 2024 lalu, Safaruddin berhasil memperoleh lebih dari 28.684 suara, dimana sekitar 80 persennya berasal dari masyarakat Abdya. Kemenangannya yang konsisten dalam dua kali Pemilu legislatif menjadi modal kuat bagi Safaruddin untuk melangkah ke Pilkada Abdya kali ini.

Salah satu pencapaian signifikan Safaruddin adalah kontribusinya dalam pembangunan infrastruktur Abdya. Di antaranya adalah pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) di Kemukiman Guhang, Blangpidie, serta rehabilitasi jalan lintas Cot Manee, Jeumpa – Krueng Beukah, Blangpidie, yang menelan anggaran puluhan miliar dari APBA setiap tahunnya.

Menyikapi tantangan Pilkada yang berbeda dengan Pemilu legislatif, Safaruddin aktif bergerak menjalin koalisi dengan sejumlah partai politik lokal. Upaya tersebut tidak sia-sia, karena Ketua Umum Partai Aceh, Muzakir Manaf (Mualem), secara terbuka menyatakan dukungannya terhadap Safaruddin sebagai calon Bupati Abdya.

Mualem menegaskan bahwa PA bersedia berkoalisi dengan Gerindra, membawa dukungan 7 kursi di DPRK Abdya ke kubu Safaruddin. Dukungan ini diharapkan mampu memperkuat posisi Safaruddin dalam persaingan yang diprediksi ketat melawan kandidat lainnya, termasuk Jufri Hasanuddin, kader PA yang juga mantan bupati Abdya.

Namun, meskipun memperoleh dukungan strategis, Safaruddin tidak dapat meremehkan lawan-lawannya. Dengan dinamika politik yang cepat berubah, ia terus melakukan pendekatan untuk memperluas basis dukungan, terutama di wilayah-wilayah seperti Kuala Batee – Babahrot, serta Tangan – Tangan dan Manggeng yang masih memerlukan upaya lebih intens.

Pertanyaan besar masih menggantung: mampukah Safaruddin mempertahankan soliditas koalisi dan mengatasi berbagai tantangan politik yang akan datang? Jawabannya akan terungkap dalam waktu mendatang, saat Pilkada Abdya 2024 memasuki tahap pendaftaran di Komisi Independen Pemilihan (KIP).

Politik Abdya kini memasuki babak baru dengan kehadiran Safaruddin sebagai salah satu aktor utama. Dengan rekam jejaknya yang mengesankan dan dukungan yang semakin menguat, Safaruddin siap menghadapi pertarungan untuk merebut kursi Bupati Abdya periode 2024-2029.

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img