Saturday, January 28, 2023

Mahasiswa USK Sosialisasi UMKM dan Dana Bansos di Cot Rambong Nagan Raya

Nukilan.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Syiah Kuala (USK) bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Nagan Raya melakukan sosialisasi mengenai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan dana bantuan sosial kepada masayrakat dan pelajar di Desa Cot Rambong, Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya, Sabtu (1/1/2021).

Ketua Kelompok KKN USK, Furkhan Wahid mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk masyarakat dan pelajar memahami pentingnya berwirausaha dan dapat mengembangkan keterampilan melalui UMKM agar terciptanya lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Dalam hal ini tidak hanya laki-laki tapi wanita juga perlu mengembangkan keterampilan dengan menciptakan UMKM, karena ini berfungsi untuk menciptakan kemandirian masyarakat dan mengelola dana bansos dengan optimal,” kata Furkhan kepada Nukilan.id.

Ia menjelaskan, dana bantuan sosial ini merupakan pemberian negara kepada masyarakat seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Bantuan dari pemerintah ini memudahkan masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat dapat memaksimalkan dana tersebut dengan membuat seperti souvenir, peyek udang dan kerajianinan tangan lainnya,” ungkap Furkhan.

Furkhan yang didampingi anggotanya, Mauza Farah Yuriko, Rahma Adila, Tua Ragan Hrp, Chyva Rizka Nanda, Fani Permatasari berharap, dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat memiliki kesadaran yang mendalam mengenai pentingnya berwirausaha dan pengembangan UMKM.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut, Mahasiswa KKN USK bersama Dinsos Nagan Raya menjelaskan tentang pengertian dari wirausaha, karakteristik seorang wirausaha, pengertian dari UMKM, hubungan UMKM terhadap perekonomian, cara-cara mengembangkan sayap UMKM melalui 5P (Product, Price, Place, Promotion, dan People).

“Serta contoh UMKM dari bidang fashion, pertanian dan yang paling utama di bidang kuliner, dan dibidang pra karya seperti membuat sapu lidi,” jelas Furkhan.

Kemudian, Furkhan juga berharap, dengan adanya sosialisasi ini masyarakat khususnya ibu rumah tangga mampu mengubah pola pikirnya untuk berpartisipasi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat agar kedepan Desa Cot Rambong berkembang menjadi desa yang mandiri.

Reporter: Hadiansyah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img