Sunday, November 27, 2022

Luncurkan SIGAP, Gubernur Aceh Beri Penghargaan Inovasi untuk Tiga Kabupaten

Nukilan.id – Gubernur Aceh, Nova lriansyah memberikan penghargaan kepada tiga Kabupaten, yaitu Aceh Barat, Bener Meriah dan Bireuen. Penyerahan yang diwakili Asisten II Sekda Aceh, Mawardi ini berlangsung di Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Rabu (12/1/2022).

Ketiga kabupaten ini dinilai berhasil mengembangkan inovasi dan pendekatan-pendekatan baru untuk mengatasi kemiskinan dan kesenjangan, melalui perencanaan dan penganggaran yang inklusif, peningkatan penyediaan layanan, dan melalui inisiatif pengembangan ekonomi lokal.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Gubernur Aceh diwakili Asisten II Sekda Aceh juga meluncurkan Sistem Informasi Gampong (SIGAP). SIGAP dirancang untuk memungkinkan penggunaan data dan informasi dari berbagai sektor dan untuk menghubungkan data dan informasi dari desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi.

SIGAP telah terbukti penting untuk memperbaiki tata kelola desa, dan mendukung desa untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran mereka, serta membantu desa menargetkan layanan masyarakat secara lebih tepat sasaran.

Saat ini, SIGAP telah digunakan di Kabupaten Aceh Barat, Bener Meriah dan Bireuen.

Gubernur dalam sambutan yang dibacakan Asisten II Sekda Aceh, Mawardi mengatakan, kehadiran program ini sangat penting untuk mempercepat pembangunan dan penurunan angka kemiskinan di Aceh.

Menurutnya, usaha untuk mengatasi permasalahan kemiskinan harus dilakukan dengan cara kolaboratif, tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah saja.

“Mudah-mudahan kerja sama seperti ini dapat berlanjut dan meluas ke sektor yang lain,” ujar Nova dalam sambutan tertulisnya. []

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img