Sunday, July 14, 2024

KONI Aceh Kirim Atlet ke Luar Negeri untuk Persiapan PON XXI

NUKILAN.id | Banda Aceh – Dalam rangka meningkatkan peluang meraih banyak medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumut 2024, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh melakukan berbagai langkah strategis. Salah satunya dengan mengirimkan sejumlah atlet dari berbagai cabang olahraga ke luar negeri guna mendapatkan pengalaman dan meningkatkan mental bertanding.

Wakil Ketua Umum II Bidang Pembinaan Prestasi sekaligus Ketua Pelatda PON KONI Aceh, H. Bahtiar Hasan, menyatakan bahwa pihaknya telah memulai pemusatan latihan daerah (Pelatda) sejak 15 Januari 2024. “KONI Aceh bekerja sama dengan Rusia untuk mengadakan kamp pelatihan selama satu bulan bagi enam cabang olahraga,” ungkap Bahtiar dalam Dialog Pagi Banda Aceh bersama RRI, Jumat (14/6/2024).

Bahtiar menyebutkan bahwa atlet yang dikirim ke Rusia berasal dari cabang olahraga anggar, atletik, judo, sambo, kurash, dan gulat. Pemilihan Rusia sebagai lokasi pelatihan didasarkan pada keunggulan negara tersebut dalam beberapa cabang bela diri yang baru diperkenalkan di Indonesia. Rencana pemberangkatan para atlet dijadwalkan pada 15 Juni 2024.

Selain Rusia, KONI Aceh juga telah mengirim atlet untuk berlatih di beberapa negara lain. Misalnya, atletik dan layar ke Jepang, anggar ke Prancis, serta bekerja sama dengan Malaysia untuk cabang olahraga rugbi dan petanque. Bahtiar optimistis langkah ini dapat meningkatkan peluang Aceh meraih medali di PON nanti.

Dalam Pelatda ini, terdapat lima kategori atau prioritas atlet. Pertama, atlet peraih emas di PON Papua dan peraih medali di Kejurnas 2022 dan 2023, berjumlah 313 atlet yang sudah menjalani pemusatan latihan di beberapa tempat, baik di Aceh maupun di luar Aceh. Kedua, atlet yang dianggap potensial meraih medali dan mulai sentralisasi sejak Maret, sebanyak 368 atlet. Ketiga, atlet dari cabang olahraga baru yang akan berpartisipasi di PON nanti, dengan total 78 atlet.

“Total keseluruhan atlet yang kami siapkan untuk Pelatda adalah 1065 atlet. Semua akan menjalani pelatihan, dengan sentralisasi pada bulan terakhir untuk meningkatkan semangat dan motivasi bertanding,” jelas Bahtiar.

Langkah KONI Aceh ini menunjukkan keseriusan dalam mempersiapkan atlet terbaik untuk berkompetisi di PON XXI Aceh – Sumut 2024, dengan harapan membawa pulang banyak medali untuk daerah.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img